Ilmuan dan Teknolog kenamaan Indonesia, Warsito Purwo
Ilmuan dan Teknolog kenamaan Indonesia, Warsito Purwo

MALANGTODAY.NET – Ilmuan dan Teknolog kenamaan Indonesia, Warsito Purwo menyebutkan, Peraturan Presiden (Perpres) tahun 2016 yang baru saja dikeluarkan Presiden Joko Widodo terkait uji klinis kesehatan di Indonesia menjadi angin segar.

Dengan Perpres ini, ia optimis akan semakin mendorong produksi alat kesehatan.Menurutnya, dalam Perpres tersebut disebutkan, Kemeristek Dikti memiliki wewenang untuk mengkoordinir uji klinis alat kesehatan. Sehingga, proses pun diyakini akan lebih cepat dibanding apabila melalui proses yang dihimpun oleh swasta.

“Sebelumnya, Kemenristek Dikti tidak memiliki kewenangan untuk melakukan uji klinis,” tambah pria berkaca mata ini.

Ilmuwan kelahiran Karanganyar ini menyebutkan, uji klinis memang sudah seharusnya dilakukan dengan aistem yang praktis. Karena apabila dilaksanakan dengan tepat, maka proses produksi alat kesehatan akan lebih mudah.

“Karena titik tumpu dari setiap pebemuan alat ini kan ada pada uji klinisnya,” beber Warsito.

Sementara terkait alat terbatunya, ia mengatakan saat ini tengah mengurus berbagai perizinan yang dibutuhkan. Selain itu juga dalam masa uji klinis, dengan menggandeng beberapa rumah sakit yang ada di dalam negeri, seperti rumah sakit Unair dan juga beberapa perguruan tinggi lainnya.

“Kalau hak paten sudah dimiliki, dan memang ada beberapa hak paten yang masih kami buat,” pungkasnya. (pit/ind).

Berikan tanggapan Anda