Waspada, Belasan Warga Kulonprogo Terjangkit Penyakit Anthrax
Ilustrasi terserang Antrhax

MALANGTODAY.NET – Belakangan ini masyarakat Kulonprogo, Yogyakarta dihebohkan dengan penyakit anthrax. Belasan warga telah terserang penyakit menular dan mematikan ini. Virus tersebut diduga berasal dari hewan berpenyakit yang mereka sembelih.

Awalnya warga yang terinfeksi anthrax mengira mereka terkena gigitan serangan tomcat. Pasalnya kulit akan berubah hitam jika telah terinveksi penyakit yang disebakan oleh bakteri Bacillus anthracis ini.

Serangan penyakit ini terungkap dari adanya pemeriksaan terhadap seorang warga setempat yang terluka. Dari pemeriksaan terungkap jika ia memiliki bakteri Bacillus Antrachis, yang menjadi sumber penyakit Anthrax.

“Berawal ketika ada warga yang tangannya terluka. Setelah dicek ke laboratorium ternyata mengarah ke anthrax,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kulonprogo, Astungkoro, Rabu (18/01).

Saat ini ada 16 warga yang terserang penyakit Anthrax dan sudah dalam proses pemulihan. Kini pemerintah setempat telah menerbitkan status Kejadian Luar Biasa atas kasus itu dan telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat hingga ke Kementerian Kesehatan RI.

Dikutip dari viva,  Astungkoro mengimbau agar tidak ada lagi warga yang menyembelih hewan peliharaan mereka yang dalam kondisi sakit. Kalau pun ada yang mati, warga harus segera menguburnya di dalam lubang. “Jika ada hewan peliharaan yang mati segera dikubur termasuk kotorannya. Siapkan lubang sedalam dua meter sedangkan hewan yang sehat dipisahkan,” katanya.

Untuk diketahui, belasan warga yang diduga terjangkiti anthrax tersebut sebelumnya pernah mengkonsumsi daging dari seekor sapi yang disembelih dalam keadaan sempoyongan. Ketika itulah, muncul gejala sakit terhadap warga yang mengkonsumsi sapi yang diduga terjangkit penyakit anthrax tersebut.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here