Nggak Cuma Pria, Wanita Harus Ikut Wajib Militer di 4 Negara Ini!
Wajib Militer Wanita @ picture-alliance/dpa/epa IDF

MALANGTODAY.NET – Wajib militer merupakan sebuah program negara, yang mengharuskan penduduknya mengikuti kegiatan militer sampai batas waktu yang ditentukan. Umumnya wajib militer atau wamil dilakukan oleh para penduduk pria.

Pasti sebagian dari kita mengetahui wajib militer dari Korea Selatan. Yap, hal ini disebabkan artis idola kita di Korea Selatan, mengikuti wajib militer walaupun berprofesi sebagai artis.

Sejatinya, wamil dilakukan oleh para pria. Tapi dilansir dari idntimes.com, ada beberapa negara yang mewajibkan penduduk wanitanya mengikuti wajib militer.

Baca Juga: Mau Tukar Uang Baru? Yuk Catat Jadwal Kas Keliling Bank Indonesia di Malang Raya

1. Israel

Nggak Cuma Pria, Wanita Harus Ikut Wajib Militer di 4 Negara Ini!
Wamil di Israel (Istimewa)

Israel menjadi negara pelopor adanya wajib militer bagi kaum wanita. Negara mewajibak semua penduduk wanita yang berusia diatas 18 tahun, untuk mengikuti program tersebut.

Namun ada pengecualian nih, buat para wanita yang telah menikah, hamil, menyusui serta yang menjadi pemuka agama (rabi) Yahudi.

Baca Juga: Hindari Penyelewengan Retribusi Pasar, E-Retribusi Siap Diluncurkan Bulan Depan

2. Norwegia

Nggak Cuma Pria, Wanita Harus Ikut Wajib Militer di 4 Negara Ini!
Peserta wamil wanita di Norwegia (Istimewa)

Menyusul Israel, Norwegia jadi negara selanjutnya yang menerapkan program tersebut kepada para penduduknya. Program ini diwajibkan bagi wanita berusia 19 sampai 44 tahun. Wajib militer di Norwegia berlangsung selama 19 bulan, sama dengan wamil laki-laki disana.

3. Korea Utara

Nggak Cuma Pria, Wanita Harus Ikut Wajib Militer di 4 Negara Ini!
Wamil di Korea Utara (Istimewa)

Sama seperti Korea Selatan, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini juga menerapkan sistem wamil. Bedanya, di Korea Utara atau Korut, wamil juga diwajibkan bagi para kamu hawa.

Kalau pria wajib mengikuti program ini selama 10 tahun, bagi para wanita mereka wajib melakukannya setelah lulus SMA sampai berumur 23 tahun. Lebih ringan daripada masa wamil pria di Korut.

Baca Juga: Penyortiran Surat Suara, KPU Bakal Libatkan Ratusan Petugas

4. Bolivia

Baca Juga  Setelah Dua Tahun Perang Dingin, Korsel dan Korut Akhirnya Tatap Muka

Negara yang terletak di benua Amerika ini paling beda daripada yang lain. Soalnya negara ini memberlakukan wamil sesuai dengan kondisi negara tersebut.

Kalau sedang ada di periode tertentu rendah, pemerintah akan memberlakukan wamil kepada pria dan wanita mulai dari umur 14 tahun. Sedangkan jika dalam keadaan normal, pemerintah mewajibkan penduduk berumur 18 sampai 49 tahun untuk melakukan wamil.

Nggak Cuma Pria, Wanita Harus Ikut Wajib Militer di 4 Negara Ini!
Wamil Bolivia (Istimewa)

Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...