Astronot pertama@Merdeka

MALANGTODAY.NET– Tidak sedikit wanita Indonesia memiliki kemampuan yang luas biasa. Justru kemampuan ini membuktikan bahwa wanita memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki.

Raden Adjeng Kartini misalnya, wanita Jawa ini pernah memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia. Berkat perjuangannya hingga kini wanita Indonesia bangkit dan memiliki kedudukan yang sama dengan kaum laki-laki.

Bukan hanya sampa disitu, beberapa wanita hebat berikut ini telah mampu melakukan aksi yang luar biasa terhadap negara, berikut daftarnya.

Baca Juga: 10 Potret Kocak Bude Sumiyati di Instagram yang Bikin Guling-guling

1. Wali kota pertama di Indonesia

Salawati Daud@Haloselebriti

Mungkin saat ini wanita yang menjabat sebagai wali kota menjadi hal yang biasa, seperti Tri Rismaharini, Airin Rachmi Diany, Sylviana Murni dan sebagainya. Namun pernahkah kamu berfikir siapa wanita pertama di Indonesia ? Yups, Salawati Daud namanya.

Dulunya sosok Salawati Daud adalah seorang jurnalis wanita yang memperjuangnkan kemerdekan Indonesia. Ia menjabat Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan dari tahun dari  30 September 1950 hingga 29 Maret 1951. Tak hanya itu, ia juga tercatat sebagai Wali Kota Makassar yang pertama di bawah pemerintahan Republik Indonesia.

2. Dokter wanita pertama Indonesia

Dokter wanita pertama@Historia.id

Pernah mendengar nama Marie Thomas ? Dia adalah wanita pertama asal Sulawesi Utara yang mendapat gelar sebagai dokter wanita pertama Indonesia. Marie lahir di Likopang, Minahasa pada 17 Februari 1896 dari pasangan Adriaan Thomas dan Nicolina Maramis.

Dia berhasil menempuh pendidikan kedokteran pada tahun 1922 dan langsung bekerja sebagai dokter di rumah sakit terbesar di Batavia kala itu, Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ) yang sekarang bernama RS Cipto Mangunkusumo.

Baca Juga: 4 Cara Nyeleneh Buat Jadi Sukses Tanpa Usaha, Nomor 2 Bikin Ngakak!

3. Pilot perempun pertama di Indonesia

Pilot pertama@Nationalgeographic.co.id

Mungkin kalian sudah sering mendengar nama Lulu Lugiyati dan Herdina Suryanto. Kedua wanita ini adalah pilot wanita pertama yang berhasil menerbangkan Piper Cub dengan jenis Piper PA-46.

Untuk menghormati jasa kedua wanita tersebut bertepatan dengan hari ibu 22 Desember tahun lalu foto kedua srikandi ini dipajang di Museum Dirgantara Mandala.

Baca Juga  Tingkat Pengangguran Terbuka Kota Malang Jadi PR Sutiaji - Sofyan Edi

4. Astronot wanita pertama Indonesia

Astronot pertama@Merdeka

Pratiwi Sudharmono, tengah memepersiapkan penelitian selama bertahun-tahun untuk melakukan misi luas angkasa yang bekerjasama dengan NASA. Sebelumnya Pratiwi mendapatkan kesempatan ini tidaklah mudah, dia harus bersaing dengan 200 orang untuk menjadi astronot.

Bulan Oktober 1985, ia terpilih untuk ambil bagian dalam misi Wahana Antariksa NASA STS-61-H sebagai Spesialis Muatan. Taufik Akbar adalah cadangannya dalam misi ini. Namun kesempatan Pratiwi hilang begitu saja karena pemerintah Indonesia mengalami krisi moneter.

Baca Juga: Bikin Melongo, Orang Jadul Ternyata Pakai 6 Cara Ini Buat Hidup Kece!

5. Menteri wanita pertama

menteri pertama@wikipedia

Mr. Hajjah Raden Ayu Maria Ulfah atau Maria Ulfah Santoso adalah Menteri sosial pertama pada Kabinet Sjahrir II. Selain itu wanita kelahiran Serang, Banten 18 Agustus 1911 adalah wanita pertama yang meraih gelar sarjana hukum, memangku jabatan menteri dan anggota Dewan Pertimbangan Agung. Maria Ulfa menjabat sebagai meneteri pada tahun 1956- 1947.


Kontributor: Ludwika Khusnaini
Editor        : Endra Kurniawan