MALANGTODAY.NET – Wali Kota Malang, M. Anton sore ini melakukan peninjauan langsung kepada titik banjir di perumahan De’Clauster Nirwana Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing. Dalam tinjauan itu, pria nomor satu di Kota Malang ini mengimbau kepada masyarakat dan pengembang untuk lebih memperhatikan lingkungan.

Dari hasil pantauan, menurutnya memang harus ada perluasan terhadap gorong-gorong, terutama pada gorong-gorong kecil. Selain itu, menormalkan kembali fungsi gorong-gorong juga harus dilakukan secepatnya.

“Mau tidak mau harus segera diselesaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” katanya pada Media beberapa menit lalu.

Tak hanya itu, pengertian dari pengembang dan masyarakat sekitar dirasanya juga sangat penting. Sebab permasalahan banjir, kebanyakan memang disebabkan oleh masyarakat yang masih terbiasa membuang sampah sembarangan, bahkan sampah rumah tangga di sungai. Alhas, ketika banjir sampah pun membuat gorong-gorong tersumbat.

“Sementara volume air yang besar tidak dapat 100 persen ditampung gorong-gorong,” tambah pria yang akrab disapa Abah ini.

Sementara terkait pabrik yang ada di area perumahan menurutnya masih akan dilakukan penyelidikan lebih mendalam. Namun apabila ditemukan indikasi pembangunan yang menyalahi aturan sehingga menimbulkan banjir, maka pemerintah tidak segan untuk memberi sanksi berat.

“Kalau memang pembangunan ya ngawur ya langsung kami tebas habis, kan mengganggu. Tapi semua harus sesuai prosedur, masih harus diperdalam lagi,” tutupnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here