MALANGTODAY.NET Sebanyak 35 karya seni rupa berbagai aliran digelar pada pameran art east ism #2 di Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. Pameran yang digelar adalah hasil kerjasama Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Malang dengan Yala Rajabat University Thailand.

Pameran tidak hanya diikuti oleh dua universitas tersebut. Akan tetapi banyak juga dosen dan mahasiswa dari perguruan tinggi dari perguruan tinggi lain di antaranya, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, dan Universitas Negeri Surabaya.

Tampak salah satu karya yang dipamerkan berbentuk seni instalasi, berupa rumpun padi yang menjulur di tengah-tengah gedung dengan tumpukan karung gabah di ujungnya. Karya tersebut berjudul Ketahanan Pangan untuk Parlemen. Karya tersebut tampak kontras berada di tengah-tengah warna-warni lukisan yang ada.

Lisa Sidyawati, salah seorang panitia yang juga peserta pameran mengungkapkan bahwa kegiatana yang sudah kedua kalinya digelar ini adalah kegiata dua tahunan Jurusan Seni Rupa dan Desain Universitas Negeri Malang. Dengan kuratorial dari Prof. M . Dwi Maryanto, MFA, Phd. Dari ISI Jogjakarta.

“Tema tahun ini adalah Eastern Point of View, adalah ingin mengajak publik kembali bercermin pada budaya ketimuran. Dan Thailand yang nota bene anggota ASEAN juga memiliki beberapa akar tradisi yang serupa dengan Indonesia,” ujar Lisa kepada Malangtoday.net saat menemui di Sasana Budaya pada, Senin (10/10).

Dia mencontohkan isu pangan dan tanaman padi juga bisa banyak ditemui di Thailand, begitu juga kesenian batik. Secara teknik tradisi membatik juga dikenal di Thailand, meskipun secara motif tentu ada perbedaan.

Selanjutnya dia berharap bahwa kerjasama antara Universitas Negeri Malang dengan Yala Rajabat University Thailand tidak hanya berhenti pada event-event seni rupa saja. Tidak menutup kemungkinan bidang-bidang kesenian yang lain juga bisa terjalin kerjasama dengan seniman-seniman di negeri yang terkenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih tersebut.

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda