Pemutaran film “Merdeka” di RT 46, RW 08, Dusun Sono Sari @Diki for MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Berbagai macam cara masyarakat dari berbagai sudut Indonesia untuk merayakan Hari Ulang Tahun Indonesia. Salah satunya yaitu mengenang jasa para pahlawan dengan menonton film bersama.

Seperti kegiatan yang dipelopori oleh muda mudi dari RT 46, RW 08, Dusun Sono Sari, Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Acara nobar pada hari Rabu malam, (16/8) tersebut digelar di jalan desa. Dicky Dwi Nanda, salah satu panitia mengungkapkan bahwa acara seperti ini adalah acara tahunan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Belanda Tak Pernah Jajah Indonesia Sampai 3,5 Abad!

“Acaranya dilaksanakan setiap malam tanggal 17 Agustus, mulai dari pukul 20.00 sampai dengan 22.00. Jadi film yang diputar yaitu film yang bertemakan perjuangan Judul film yang diputar juga berbeda setiap tahunnya. Tahun 2016 film Sudirman, 2017 film Perebutan Surabaya, dan tahun 2018 ini film Soekarno: Indonesia Merdeka” imbuh Dicky

Bukan hanya sekedar menonton film adalah mengajarkan pada anak-anak tentang arti kemerdekaan. Pesan yang disampaikan juga untuk menunjukkan pada mereka beratnya menjadi pahlawan.

“Dengan begitu, kami berharap bahwa adik adik dapat mengambil hikmah dari cerita film yang kami putar, sehingga mereka tidak semena–mena dalam menikmati kemerdekaan Indonesia.” tegas mahasiswa Jurusan Penjaskes UM itu.

Baca Juga: Hari Kemerdekaan, 173 Pelajar Bentangkan Bendera Merah Putih di Kota Malang

Di akhir acara, pemuda berumur 24 tahun tersebut mengungkapkan bahwa besar harapannya agar pemuda-pemudi di seluruh penjuru negeri Indonesia ini menjadi pelopor nasionalisme dengan mengisi hari kemerdekaan lewat kegiatan yang positif. Bukan malah mengajarkan hal hal yang kurang bermanfaat. Karena bagaimana pun juga, adik-adik kita adalah generasi penerus bangsa yang akan memperjuangkan Indonesia untuk saat ini dan setelahnya.


Reporter : Jazilatul Humda
Editor : Raka Iskandar

Loading...