Tips Liburan Bebas Mabuk Kendaraan
Jangan sampai mabuk perjalanan menganggu liburanmu (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Sering ngerasa mual ketika berada di perjalanan? Itu tandanya kamu mengalami yang namanya mabuk perjalanan. Nggak enak kan, lagi seru-serunya liburan, tiba-tiba badan jadi nggak enak?

Ada dua faktor penyebab mabuk perjalanan. Yang pertama dari segi fisik dan yang kedua dari segi kendaraan. Kalau dari segi fisik, biasanya kita mengalami yang namanya motion sickness. Keadaan dimana tubuh dan pengheliatan kita bergerak, tapi tubuh kita diam. Kalau dari segi kendaraan, biasanya dipicu oleh bau tak sedap atau menyengat di dalam kendaraan.

Nah, gimana ya caranya menghilangkan mabuk perjalanan? Gampang banget, simak tips ala MalangTODAY.net ya, biar perjalanan liburan kamu nggak terganggu!

Jaga Udara di Dalam Kendaraan

Tips Liburan Bebas Mabuk Kendaraan
Membuka jendela mobil adalah cara yang pas untuk mengatasi mabuk (Istimewa)

Ketika mabuk mulai menyerang, jaga udara di dalam kendaraan kamu. Kamu bisa membuka jendela mobil sedikit untuk mengatur sirkulasi udara, agar lebih lancar lagi. Bisa banget tuh, sambil menikmati udara yang masuk, kamu mendengarkan musik atau foto-foto pemandangan di perjalanan. Eits, hati-hati jangan sampai masuk angin ya!

Alihkan Perhatian

Tips Liburan Bebas Mabuk Kendaraan
Mengalihkan perhatian juga bisa untuk menghindari mabuk (Istimewa)

Ini jadi alternatif kedua kalau sirkulasi udara sudah sedikit stabil di dalam kendaraan. Kamu mengalihkan perhatian dengan bertukar posisi dengan penumpang lain yang ada di kursi depan. Disitu kamu bisa melihat pemandangan lebih luas lagi, tubuhmu akan merasakan adrenalin kecepatan perjalanan dan rasa mual kamu bakalan teralihkan!

Bisa juga mengalihkan perhatian dengan bermain bersama adik atau sepupu kita yang satu perjalanan. Selain mabukmu hilang, kamu juga sekaligus menghilangkan rasa mual yang dialami adik atau sepupumu.

Ubah Pola Makan

Tips Liburan Bebas Mabuk Kendaraan
Jangan kebanyakan makan di perjalanan, nanti kamu jadi mual lho (Istimewa)

Sebelum bepergian, jangan makan terlalu banyak ya. Ketika kamu makan banyak dan terserang mabuk di perjalanan, yang ada kamu bakal muntah dan itu nggak enak banget. So, makan secukupnya aja dan jaga rasa lapar kamu di perjalanan.

Camilan dan Minuman

Tips Liburan Bebas Mabuk Kendaraan
Roti dan kue kering jadi pengganjel perut yang pas saat di perjalanan (Istimewa)

Nah, ketika kamu nggak makan terlalu banyak sebelum bepergian, kamu bisa menjaga rasa lapar dan ingin makan makanan yang berat, dengan camilan. Jangan bawa bekal camilan yang berbau menyengat dan bikin pemicu mabuk kendaraan. Bawalah camilan ringan seperti roti atau kue kering. Khusus buat kamu yang punya asam lambung, jangan bawa bekal yang bisa memicu naiknya asam lambung ya!

Untuk minuman, bawalah minuman yang nggak bikin kembung seperti susu atau minuman bersoda. Cukup air putih aja ya.

Menepi Sejenak

Tips Liburan Bebas Mabuk Kendaraan
This is the best way you can do, selain bisa istirahat, kamu juga terhindar dari mual di perjalanan (Istimewa)

Kejebak macet di perjalanan dan udah nggak kuat sama udara di dalam kendaraan? Kamu bisa menepi sejenak dan keluar kendaraan. Sambil nunggu kemacetan mereda, kamu juga bisa menghirup udara segar sambil stretching sedikit-sedikit deh.

Loading...