Ilustrasi jalan raya @topsimages
Ilustrasi jalan raya @topsimages

MALANGTODAY.NET – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga bakal melakukan survei dan pemetaan terhadap sejumlah ruas jalan yang rencananya akan diubah atau ditingkatkan statusnya.

Rencana untuk perubahan status jalan itu sebenarnya sudah tercetus beberapa waktu lalu. Kini, Dinas PU Bina Marga akan menindaklanjuti hal tersebut.

Kepala Dinas PU Bina Marga, Romdhoni menyampaikan, ruas jalan yang diprioritaskan untuk ditingkatkan adalah jalan desa. Nantinya, jalan desa akan ditingkatkan menjadi jalan kabupaten.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, perlu adanya pemetaan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui layak atau tidaknya jalan tersebut ditingkatkan.

“Butuh proses, kami juga harus melakukan survei dan pemetaan mana jalan lokal yang layak dijadikan jalan nasional, kita lihat fungsi maupun konektivitasnya. Jadi tidak semua jalan lokal kita tingkatkan menjadi jalan kabupaten, tidak seperti itu,” ujar Romdhoni, Senin (1/4/2019).

Mantan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang ini menambahkan, peningkatan status jalan tersebut nantinya akan menunjang berbagai bidang. Salah satu yang diuntungkan adalah bidang pariwisata.

Romdhoni mengakui, adanya peningkatan status jalan itu bakal mengubah pola tata ruang Kabupaten Malang.

“Mau tidak mau harus mengubah pola tata ruang daerah yang ada. Memang secara riil jalan yang ada di wilayah Kabupaten Malang itu ada tiga yaitu, jalan nasional, provinsi dan jalan kabupaten,” tukasnya. (Dhi/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.