MALANGTODAY.NET – Bertempat di Aula Pertamina, Politeknik Negeri Malang, Kamis (13/10) pagi ini menggelar Seminar Nasional Bisnis dan Manajemen (Senabisma III). Dengan mengususng tema ‘Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Menghadapi MEA’, Polinema optimis mampu terjun dalam kancah pasar global.

Seminar yang masih berlangsung ini diisi oleh dua praktisi kenamaan, Prof. Dr. Dra Siswandari, M.Stat selaku Direktur LPPKS sekaligus Guru Besar FKIP UNS, dan Direktur PT Yakin Raih Sukses, David Walalangi, S.P.

Sebagai pembicara pertama, Prof. Dr. Dra Siswandari, M.Stat mampu membuka seminar dengan sukses. Perempuan berhijab ini menyebutkan, peningkatan SDM dalam dunia pendidikan tidak harus diemban oleh para lulusan, melainkan juga menjadi tanggungjawab dari institusi, dalam hal ini para dosen untuk lebih meningkatkan skillnya.

“Institusi harus berkembang dan maju dengan orang-orang yang neniliki komitmen tinggi,” katanya.

Menurutnya, salah satu upaya institusi untuk meningkatkan SDM, khususnya dalam menghadapi pasar MEA adalah dengan memberi fasilitas sekaligus penghargaan bagi mahasiswa maupun dosen yang ada dalam sebuah perguruan tinggi. Dengan begitu, persaingan secara sehat akan terjadi dengan baik dan mereka akan bergerak mencapai sebuah perubahan dan perkembangan.

“Jangan sampai yang ulet tergerus pleh yang malas hanya karena tanpa ada penghargaan dan membuat mereka merasa semua sama saja,” urai Siswandari.

Tak hanya itu, ia juga menyebutkan, lembaga pendidikan memiliki peran sangat besar dalam perkembangan perekononian sebuah negara. Karena tidak sedikit kreatifitas muncul dari para akademisi.

“Intinya adalah pembenahan lembaga dan peningkatan kreatifitas SDM,” paparnya. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda