TGS Pernah Dirawat di RSJ Lawang Sebelum Dikerangkeng
Proses Pembukaan Kandang Tempat Tego dipasung (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – TGS (44) sebelumnya pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang sebelum kemudian dikerangkeng keluarga. Ia sudah sekitar 7 bulan mengalami pemasungan.

Dinas Sosial Jawa Timur bersama Pendamping Pasung Kabupaten Malang melakukan pembebasan pasung terhadap TGS, warga Desa Srimulyo Kecamatan Dampit karena gangguan jiwa.

Ketua Tim Pengembangan Psikiatri Komunitas RSJ Dr. Radjiman Wideodiningrat Lawang, Dr. Ika Nurfarida mengatakan, hal tersebut dimaksudkan agar Tego bisa diobati lebih lanjut.

“Kita sudah lakukan assement awal, rencananya akan kita bawa ke RSJ Lawang,” ujar Dr. Ika ketika ditemui dilokasi, Selasa (14/03).

Dokter Ika menjelaskan ada banyak faktor penyebab orang mengalami gangguan jiwa.

“Bisa jadi karena waktu lahir dia sudah ditinggal ayahnya, juga bisa dari faktor ekonomi, lingkungan dan banyak lagi,” jelasnya.

Ika menambahkan bahwa dulunya TGS pernah dibawa ke RSJ Lawang, namun diperbolehkan pulang karena dianggap sudah sembuh.

“Sesampainya di rumah tidak mau minum obat, akhirnya kambuh lagi dan berbuat onar hingga dibuatkan kandang tempat dirinya dipasung,” ujar Dokter Ika.

Hingga saat ini tercatat ada sekitar 142 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Malang dan dari jumlah tersebut yang dipasung saat ini masih ada 46 orang. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here