MALANGTODAY.NET – Tingginya pengguna Narkoba di kalangan remaja, membuat banyak Perguruan Tinggi mensyaratkan calon Mahasiswa Barunya untuk melakukan tes urine. Akan tetapi program yang diniatkan sebagai langkah antispasi tersebut kurang bisa dijalankan secara efektif oleh BNN Kabupaten Malang.

Selama ini BNN Kabupaten Malang mengakui bahwa test urine terhadap kalangan pelajar adaah langkah efektif untuk kalangan remaja, sebagai shock teraphy. Dengan melakukan test secara acak, diharapakan akan timbul dampak preventif terhadap penyalahgunaan Narkoba di lingkungan pelajar.

Hal itu disampaiakan oleh Kepala BNN Kabupaten Malang AKBP I Made Arjana ketika menjawab pertanyaan MALANGTODAY.NET berkaitan dengan langkah BNN dalam memerangi Narkoba di lingkungan pelajar.

“Shock Teraphy yang kami lakukan sebisa mungkin akan jadi viral, akan tetapi jika harus melakukan test urine kepada semua pelajar SMA/SMK di Kabupaten Malang yang jumlahnya ribuan , BNN tentu belum bisa karena terkendala keterbatasan alat yang ada,” ujarnya pada Senin, (17/10).

Dia menambahkan, keterbatasan alat yang ada, tidak ada kaitannya dengan pendanaan. Menurutnya, hanya sedang ada skala prioritas yang lain dalam penganggaran tahun ini, yaitu lebih pada program-program rehabilitasi.

“Tahun ini banyak anggaran yang justru diperuntukkan rehabiltasi, yang tahun-tahun sebelumnya tidak ada. Karena program ini dianggap lebih penting dan bermanfaat bagi masyarakat, dari pada pembelian alat test,” imbuhnya.

Mengenai beberapa Pergurua Tinggi ataupun Sekolah yang mewajibkan peserta didiknya menjalani test urine, BNN Kabupaten Malang mengungkapkan, sepenuhnya menjadi beban sekolah tersebut.

Dalam hal ini BNN Kabupaten Malang hanya akan jadi fasilitator saja. Sedangkan hasilnya nanti digunakan untuk apa, atau dipublish atau tidak, itu mutlak hak lembaga yang bersangkutan.

“Test Urine itu hanya mekanisme awal paling sederhana untuk mendeteksi apakah seseorang terindikasi meyalahgunakan Narkoba atau tidak, jadi masih dalam tahap pencegahan,” tandasnya

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda