Temukan Wajah Indonesia, Dalam Rembug Budaya UB

MALANGTODAY.NET – Sejumlah budayawan dan sastrawan kenamaan seperti Sujiwo Tejo, Tri Utami, dan Didik Nini Towok hari ini meramaikan suasana Rembug Budaya gubahan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Tak hanya tiga nama itu, serangkaian acara yang mengusung tema Menemukan Kembali Indonesia ini juga diisi Yusri Fajar, Zamawi Imron, Anfang Bachtiar, Suko Widodo, Agus Sunyoto, Sony Sukmawan, dan dipandu Riyanto Hanggundhali.

Rembug budaya yang berlangsung tidak kurang dari dua jam itu telah membahas berbagai keberagamaan hingga permasalahan yang dihadapi pemuda Indonesia masa kini. Optimisme serta rasa tak percaya diri nampaknya masih menggandrungi kehidupan dan pola hidup masyarakat Indonesia. Di sini, setiap permasalahan itu pun coba dituntaskan dengan cara yang apik dan santer.

Tak sekedar diskusi dan berbincang, kegiatan ini pun diisi dengan banyak guyonan budaya yang membuat suasana semakin cair. Dengan iringan musik tradisional, serta alunan syahdu nyanyian yang dibawakan Tri Utamu serta gerakan luwes dari Didik Nini Towok pun menghiasi diskusi cerdas itu.

Sehingga, setiap audience yang datang pun dapat merasakan setiap materi yang disampaikan, dan mencoba larut dalam perjuangan menemukan identitas bangsa. Dengan celetukan Sujiwo Teji, serta pemaparan dari para budayawan, acara yang berlangsung di Studio TV UB itu pun terasa lebih syahdu.

Sementara itu, Ketua Rembug Budaya dalam rangka peringayan Dies Natalis UB ke 54, Riyanto mengatakan, UB sebagai salah satu perguruan tinggi yang berperan dalam mencetak generasi pengubah arah bangsa mencoba turut serta menyikapi setiap isu yang ada. Sehingga, dengan kegiatan budaya yang dilakukan tersebut, diharapkan pemuda generasi digital seperti sekarang masih akan tetap mempertahankan kebhinekaan serta jati dirinya sebagai bangsa Indonesia.

“Semoga langkah kecil ini sedikit membawa pencerahan sekaligus kesepahaman mengenai hidup berbangsa dan bernegara dalam kebhinekaan,” terangnya.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here