Berlaku Mulai Hari Ini, Kenaikan Tarif Pajak Kendaraan Bermotor Tuai Pro Kontra
Suasana pelayanan STNK di Samsat Karangploso

MALANGTODAY.NET – Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), yang diberlakukan 6 Januari besok. Berdampak pada banyaknya masyarakat yang mengantri untuk mengurus STNK sebelum harga baru diberlakukan. Hal itu terlihat di Kantor Bersama Samsat, Karangploso, Kabupaten Malang, Kamis (05/01).

Dari pantauan MalangTODAY.net, antrian terjadi sejak tadi pagi hingga siang ini. Menyikapi hal ini, pihak Samsat Karangploso mengakomodir antusias masyarakat dengan meningkatkan pelayanan. “Mulai kemarin ada peningkatan, diperkirakan empat kali lipat dari biasanya. Akhirnya kita sikapi untuk pelayanan kita buka sampai jam 9 malam (hari ini).” kata Baur STNK Samsat Karangploso Herman Dwi.

Suasana pelayanan STNK di Samsat Karangploso

Kantor Samsat sendiri tiap harinya buka mulai pukul 08.00 sampai dengan 13.00 WIB. Kenaikan ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 yang mengatur jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Dengan kenaikan ini, nanti semua Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), semua itu akan melekat pada notis pajak. Jadi kalau dulu kan dibayar sendiri sama masyarakat melalui formulir, sekarang sudah tidak. Jadi masyarakat tidak berhubungan dengan petugas lagi. Petugas pun juga tidak ada penarikan-penarikan yang dilakukan.” Tambah Herman.

Kebijakan ini juga disampaikan Kapolri dalam jumpa persnya kemarin, bahwa hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan sistem yang lebih baik yaitu sistem online. Hal tersebut bukan hanya pertimbangan dari Polri, namun juga dari lembaga negara lainnya. Dan juga penemuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR yang mengatakan bahwa biaya mengurus STNK dan BPKB di Indonesia termasuk yang terendah di dunia.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here