Tadi Sore Malang Diguncang Gempa Bumi Lagi, Ini Himbauan BMKG Untuk Warga
Ilustrasi Gempa Bumi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Lagi-lagi gempa bumi kembali mengguncang Malang Raya. Hari Jumat, 10 Agustus 2018, pukul 15.02 WIB, wilayah Malang diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan parameter gempabumi tersebut berkekuatan M=4,4 dengan pusat gempabumi berada di laut, tepatnya  pada koordinat 8,82 LS dan 112,49 BT, pada kedalaman 46 km, berada pada jarak 68 km arah barat daya Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Namamu Agus? Dua Pantai Ini Gratiskan Tiket Masuk Selama Agustus

Dikabarkan oleh BMKG bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dari hasil analisa mekanisme sumber gempabumi menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault). Hal ini disebabkan oleh aktivitas pergerakan lempeng Indo-Australia yg menyusup dibawah lempeng Eurasia.

Baca Juga: Nekad Coba Temui Lisa, Younglex Babak Belur Dipukuli K-Popers?

Analisa peta guncangan gempa bumi (shakemap) dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini telah dirasakan oleh masyarakat di daerah Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Malang, serta masyarakat di Tulungagung dan Blitar pada skala I SIG-BMKG (II-III MMI).

Hingga berita diunggah, belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Baca Juga: Inilah 5 Stuntman yang Tewas saat Jalani Syuting! Ih, Ada yang Tewas Seketika

Dalam rilis siaran pers yang ditulis oleh Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Musripan mengatakan bahwa hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika