MALANGTODAY.NET –  Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kota Malang, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang menyelenggarakan kegiatan Pelepasan Kontingen Kota Malang pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Kota Malang Tahun 2016 pada Kamis (20/10), bertempat di Ruang Sidang Balai Kota Malang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji; Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur, Drs. Nuzul Nurcahyo; Perwakilan KONI Kota Malang; dan rombongan kontingen yang meliputi pelatih dan atlet pelajar daerah  Kota Malang.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Malang, Dr. H. Sutiaji menyampaikan rasa terimakasih atas 13 cabang olahraga (cabor) yang telah lolos pra-kualifikasi dan berharap bahwa 13 cabor dapat mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah menjadi target di POPDA XI Tahun 2016.

“Alhamdulilah saat ini hanya meninggalkan satu cabang olahraga saja yang tidak ikut. Ini adalah berkat kerjasama dan keuletan dari semuanya. Saya juga berharap bahwa POPDA ke-XI kali ini dapat memenuhi target dan kalo bisa dapat melebihi target yang sudah ditentukan,” Ujar Sutiaji.

Terkait hal itu, Sutiaji menyampaikan bahwa berkaitan dengan UU No. 3 Tahun 2005, Pasal 5 menjelaskan bahwa unsur utama dalam keolahragaan itu adalah unsur keadilan yang menurutnya berkaitan dengan unsur pemerataan, sportivitas, dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

Sutiaji pun berharap bahwa para atlet nantinya dapat memenangkan pertandingan secara sportivitas demi mengharumkan Kota Malang. Melalui pembibitan yang dilakukan oleh KONI yang  berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama melalui kordianasi sektornya masing-masing ini diharapkan muncul bibit-bibit unggul yang cerdas.

“Saya berkeyakinan bahwa potensi kecerdasan anak itu tidak hanya berasal dari kecerdasan intelektual saja, tetapi juga kecerdasan dalam berolahraga. Dan bila sama-sama kita poles, maka pembinaan sesuai dengan porsinya, dan tentu ini akan menjadi sesuatu yang unggul.” tambah Sutiaji. (ind)

Berikan tanggapan Anda