MALANGTODAY. NET Sejarah panjang mengiringi perjalanan Jawa Timur (Jatim) mulai tahun 760 Masehi atau abad 8, bermunculan kerajaan-kerajaan besar di Jawa Timur mulai dari kerajaan Kanjuruhan, disusul kemudian pada abad ke-10 Jawa Timur menjadi pusat kerajaan besar seperti kerajaan Mendaeng, Kahuripan, Dhaha Janggala, Singhasari dan majapahit.

Pada abad 13 berdasarkan prasasti Mulamanurung yaitu pusat keraton negara telah tersebutkan struktur pemerintahan yang tersusun dengan baik dan tersistem seperti struktur pemerintahan modern saat ini.

Jawa Timur muncul pada saat kerajaan Mataram Islam dengan sebutan Ban Wetan. Jawa Timur dibentuk serta ditetapkan oleh PPKI dengan Gubernur pertamanya Raden Tumenggunggung Suryo pada tahun 19 Agustus 1945 dan mulai menjalankan tugasnya pada tanggal 12 Oktober 1945 yang memulai tugas dan kewajibannya sebagai kepala pemerintahan akhirnya disepakati menjadi hari lahirnya Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa timur yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, hikmah terpenting memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur adalah sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas perjalanan sejarah Jawa Timur yang penuh dinamika hingga bisa mencapai kemajuan untuk kesejahteraan rakyat yang lebih baik.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda