MoU antara SMK Muhammadiyah I Gondanglegi dengan CV Sukojati, sebagai perusahaan penyedia tenaga kerja professional.

MALANGTODAY.NET –  Bertempat dimeeting room SMK Muhammadiyah I Gondang Legi, Rabu (12/10) ditandatangani MoU antara SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dengan CV Sukojati, sebagai perusahaan penyedia tenaga kerja professional.

Kesepakatan yang ditandatangani kedua belah pihak adalah berisi tentang kontrak kerja kepada 140 siswa kelas XII dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik.

M. Fahri, Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondang Legi, atau biasa dikenal dengan sebutan SMK MUTU kepada Malangtoday.net menjelaskan bahwa 140 siswa XII yang ada dalam kontrak itu sudah melalui tahapan seleksi.

“Hari ini kami, bersepakat untuk menyiapkan 140 siswa kelas 12 untuk bekerja di PT Sambu Group. Dengan rincian, 100 siswa dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan 40 siswa dari Jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Sedangkan seleksi meliputi persyaratan antara lain laki-laki, tinggi badan minimal 165 centi meter, sehat jasmani dan ruhani, serta pernyataan bersedia ditempatkan diwilayah Indonesia,” ujarnya.

Bidang kerja yang ditekuni siswa di PT Sambu Group adalah, mild steel, carbon steel dan stainless steel.

Sebelum berangkat kerja di Bulan Mei 2017, 140 siswa terlebih dulu mendapat  pelatihan dan orientasi kerja dari Direktur CV Sukojati, Candra Ario Kusuma ST. Pelatihan berlangsuing Oktober sampai dengan Nopember 2016.

Menurut Fahri, materi pembekalan dan pelatihan meliputi kesiapan memasuki dunia kerja, keselamatan kerja, hak dan kewajiban karyawan, dan yang paling penting adalah manajemen keuangan, “Yang paling susah itukan menyiapkan mental anak-anak. Bagaimanapun perubahan lingkungan belajar ke lingkungan industri tentu berbeda. Apalagi tentang bagaimana mengelola penghasilan, mengingat usia mereka juga masih dalam tahap perkembangan,” urainya.

Saat ini, SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi memiliki total siswa sebanyak 2300 dengan sebaran 30 persen berasal dari luar wilayah Malang Raya.

 

Berikan tanggapan Anda