Smart Castle SMKN 12 Malang
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Terinspirasi dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang, dan keinganan memudahkan kebutuhan rumah, siswa SMKN 12 Malang kembali meluncurkan inovasi terbarunya. Inovasi yang dinamai Smart Castle ini memanfaatkan kecanggihan software, guna memudahkan pengguna mengontrol listrik.

Salah satu anggota penggagas Smart Castle, Santoso mengatakan, Smart Castle ini berfungsi mematikan dan menghidupkan listrik yang ada di area castle. Selain itu, juga terdapat CCTV di dalamnya untuk memgontrol keadaan di dalamnya. Sementara untuk membantu mengetahui adanya kebakaran dan gangguan, terdapat alarm kebakaran yang otomatis bunyi dalam keadaan tertentu.

“Ini masih miniaturnya, dibentuk dalam bentuk castle. Nantinya akan dikembangkan untuk kebutuhan rumah,” terangnya pada MALANGTODAY.NET beberapa menit lalu.

Dia menambahkan, keuntungan yang didapat dengan alat ini diantaranya adalah hemat listrik. Selain itu, pengguna juga akan sangat dimudahkan. Karena peralatan yang digunakan juga menjadi satu rangkaian.

Sukma Natalia, anggota kedua menambahkan, kesulitan dari pembuatan alat ini terletak pada proses koding (bahasa program). Butuh waktu lebih lama untuk melakukan koding. Sedangkan peralatan yang digunakan kebanyakan memanfaatkan barang bekas.

“Seperti castle ini sendiri, terbuat dari banyak elemen, salah satunya sendok bekas. Untuk dananya sendiri mendapat bantuan dari pihak sekolah,” paparnya.

Sementara itu, pembimbing alat cepat guna tersebut, Diyan Wahyu Astuti, S.Kom menyebutkan, Smart Castle masih sangat mungkin dikembangkan lebih baik lagi. Kedepan, implenentasi dari pemanfaatan teknologi tersebut dapat dilakukan di rumah. Tentunya dengan menggunakan kecanggihan smartphone.

“Jadi nanti akan leboh mudah dikontrol di mana pun pemilik rumah berada,” pungkas perempuan berhijab ini.

Berikan tanggapan Anda