MALANGTODAY.NET – Menutup rangkaian peringatan Sumpah Pemuda yang digelar sejak kemarin, hari ini (29/10), SMA Negeri 01 Dampit menggelar berbagai lomba pengenalan tradisi Nusantara.

Lomba yang diadakan sekaligus untuk memperingati Bulan Bahasa ini meliputi, pidato bahasa Inggris dan Jawa, baca puisi, pameran Jawa, pagelaran pengantin, desain perpustakaan kelas, dan lomba ulasan karya sastra.

Kegiatan ini diawali dengan upacara Sumpah Pemuda di lapangan, yang seluruh siswa dan guru mengenakan pakaian adat tradisional Jawa.

Pengenalan Budaya Jawa juga ditekankan selain tradisi dari daerah lain, seperti yang ada dalam lomba desain dan pameran majalah dinding (madding). Semua tema dan konsepnya diharuskan bernuansa tradisi Jawa.

sumpah-pemuda-sman-1-dampit-copy

Wakil Kepala SMAN 01 Dampit Bidang Kesiswaan, Lukman Hakim menyebutkan bahwa tema tradisi dipilih sebagai bentuk peringatan Sumpah Pemuda adalah untuk meningkatkan kembali rasa bangga generasi muda terhadap bangsanya.

“Momentum Sumpah Pemuda adalah bertemunya semua kebangsaan yang ada di Nusantara dengan satu cita-cita dan tujuan yaitu terwujudnya bangsa yang satu, yaitu Indonesia,” terang Lukman di sela-sela acara.

Setiap penampilan siswa mewakili kelas masing-masing. Kemeriahan kegiatan Bulan Bahasa ini sekaligus dilombakan dan dinilai kreasi terbaik dari 29 kelas yang ada. Selama kegiatan, seluruh siswa diwajibkan memakai pakaian tradisional Jawa khas Yogyakarta dan Malang.

Berikan tanggapan Anda