Menkes: Sinergitas Kesehatan dan Pendidikan Sangat Penting
Menkes Nila Djuwita F Moeloek saat hadir di Semiloka Nasional Pendidikan Dokter Spesialis dan Sub Spesialis di Universitas Brawijaya (UB) Malang (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Sinergitas antara dunia pendidikan dan kesehatan sangat penting dalam mengembangkan layanan kesehatan masyarakat. Salah satunya melalui pengembangan riset wilayah, yang secara otomatis akan mempermudah pemetaan dan pemerataan pelayanan kesehatan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek menegaskan sejauh ini tidak banyak Kementrian yang memiliki Komite Bersama antara Kampus dan Perguruan Tinggi (PT).

“Sejauh ini, Komite bersama hanya dimiliki Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan, ini patut dibanggakan,” katanya ketika hadir dalam Semiloka Nasional Pendidikan Dokter Spesialis dan Sub Spesialis di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Kamis (23/2).

Menurutnya, sinergitas antara kedua belah pihak telah diatur melalui peraturan perundang-undangan, yakni undang-undang praktik dokter dan undang-undang pendidikan. Sehingga, kualitas dari setiap calon dokter melalui proses pendidikan harus lebih dimantabkan.

Selain itu, perempuan berkacamata ini juga menyampaikan, upaya lain yang dilakukan untuk meningkatkan pemerataan layanan kesehatan adalah melalui program Nusantara Sehat. Di mana para lulusan jurusan kedokteran diajak mengabdi diberbagai daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

“Sudah banyak yang mendaftar dan ikut, sekitar tujuh ribu sampai 11 ribu tenaga ahli kesehatan. Tapi untuk dokter, jumlahnya masih sangat sedikit dibanding perawat dan lainnya,” tambahnya.

Sementara dari segi pelayanan yang telah dilakukan Kemenkes sendiri, lanjutnya, diantaranya adalah dengan mengoptimalkan dana afermatif untuk pembangunan dan rehabilitasi rumah sakit yang ada di Indonesia.

“Termasuk Telemedicine yang akan lebih diperkuat lagi untuk memberi layanan kesehatan di era globalisasi seperti saat ini,” paparnya panjang.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here