Setelah SMAN 5, BI Sebarkan Ilmu Ekonomi & Keuangan di SMAN 1 Sumawe
BI saat memberikan materi di SMAN 1 Sumbermanjing Wetan (Yoga)

MALANGTODAY.NET – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang kembali mengunjungi sekolah – sekolah dengan program BI Mengajar. Kali ini, giliran SMA Negeri 1 Sumbermanjing Wetan (Sumawe) yang mendapatkan edukasi dari bank sentral tersebut.

Kegiatan yang juga untuk memperingati HUT BI ke -65 dan HUT RI ke 73 ini, bertujuan memberikan pemahaman masyarakat sehingga memudahkan Bank Indonesia dalam hal mengambil kebijakan. Materi yang diberikan berkaitan mencakup aspek moneter, sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan.

Setelah SMAN 5, BI Sebarkan Ilmu Ekonomi & Keuangan di SMAN 1 Sumawe
Acara ini sekaligus menjadi program sosial Bank Indonesia (Yoga)

“Ini bagian untuk lebih memahamkan kepada masyarakat akan tugas-tugas yang dilakukan BI. Karena apa?, kami ingin setiap kebijakan yang diambil BI masyarakat sudah paham,” kata Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Jaka Setyawan, Rabu (8/7).

Baca Juga: 10 K-pop Idol Ini Punya Tubuh Paling Seksi, Ada Idolamu?

Terkait dipilihnya lembaga pendidikan, dikarenakan BI sangat peduli terhadap pendidikan secara nasional sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Selama ini, BI juga menerima kunjungan dari sekolah – sekolah di Jawa Timur hingga Jawa Tengah.

“Ini kan sesuai dengan cita-cita negara kita. Mudah – mudahan kedepannya bisa bersama – sama media juga dalam memberikan edukasi kepada sekolah – sekolah, dan masyarakat tentunya,” paparnya.

Setelah SMAN 5, BI Sebarkan Ilmu Ekonomi & Keuangan di SMAN 1 Sumawe
Interaksi Bank Indonesia dengan para pemuda harapan bangsa (Yoga)

Lanjut dia, BI sebelumnya juga sangat intens dalam mendukung program belajar mengajar seperti pemberian beasiswa kepada mahasiswa perguruan tinggi secara rutin.

Baca Juga: Usai Lombok, Gempa Guncang Kabupaten Malang

“Kalau kegiatan – kegiatan lainnya tentu juga bagian dari penguatan kapasitas dari masyarakat. Masalah sosial saya kira juga penting untuk terus didorong,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, BI juga memberikan dukungan dana penyelesaian pembangunan mushola dan Sarana Prasarana kepada SMAN 1 Sumawe untuk pengembangan sekolah.

“Bantuan ini mudah – mudahan bisa bermanfaat, dan secara otomatis akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kami juga ingin ada bantuan beasiswa, mengingat siswa – siswa kami ini dari kalangan yang kurang mampu, hanya beberapa saja yang mampu,” tandasnya.

Baca Juga: 8 Serba-Serbi Angka 8 Yang Jadi Tanggal Cantik Hari Ini

Pembangunan lain yang dirasa masih perlu, lanjut dia, yakni Laboratorium Biologi, Fisika, Kimia, serta Bahasa. Disamping itu juga plengsengan – plengsengan demi kenyamanan para siswanya, mengingat sekolah ini berada diatas perbukitan.

Baca Juga  Rupiah Kembali Melemah, Ini Solusi BI Lakukan Stabilisasi

“Sementara ini hanya satu Lab untuk jurusan IPA. Untuk bahasa, seharusnya ada labnya, tapi ini masih belum,” tuturnya.

Setelah SMAN 5, BI Sebarkan Ilmu Ekonomi & Keuangan di SMAN 1 Sumawe
Suasana pelatihan BI di SMAN 1 Sumbermanjing Wetan (Yoga)

Baca Juga: Sepuluh Jam Bersama Nissa Sabyan, Pada Betah Gak Nih?

Perlu diketahui, sekolah ini bisa dikatakan sepi peminat meskipun berstatus negeri. Lokasi yang cukup jauh untuk dijangkau, membuat calon siswa memilih ke sekolah lain.

“Di sekolah kami ada 339 siswa, untuk itu kami tetap promosi – promosi. Saya lihat anak – anak sini justru banyak yang lari ke SMA Turen, karena disini agak jauh dari kota. Untuk itu mohon bantuannya agar sekolah ini lekas berkembang,” jelasnya.


Reporter: Rahmat Mashudi Prayoga
Editor: Swara Mardika

Loading...