MALANGTODAY.NET – Hasil ikan tangkapan nelayan Sendangbiru beberapa pekan terakhir meningkat, tak kurang 100 ton Ikan Tuna yang berhasil ditangkap setiap harinya Mulai dari jenis Bluefin (Sirip biru) hingga yellowfin (sirip kuning).

Seperti diketahui sebelumnya, besarnya ombak laut yang terjadi dalam bulan Agustus memaksa nelayan untuk tidak melaut. Alhasil, tangkapan pun menyusut drastis. Baru mulai beberapa pekan lalu, rutinitas melaut bisa dilakukan kembali.

”Ya mungkin ini kompensasi dari tidak melaut selama satu bulan,” ujar kepala Dinas Kelautan dan Perikana (DKP) Kabupaten Malang, Nasri Abdul Wahid beberapa waktu lalu.

Melimpahnya tangkapan itu juga didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Pondok dadap. Dijelaskan Nasri, TPI baru berkonsep higienis yang sudah bisa difungsikan. Daya tampung tempat baru yang dananya bersumber dari Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim itu juga jauh lebih besar. Nilai plusnya, bisa menjaga higienitas ikan-ikan hasil tangkapan nelayan.

Dari data di DKP Kabupaten Malang, tahun lalu produksi ikan tangkap di seluruh wilayah perairan Kabupaten Malang menembus angka 5,5 juta kilogram. Terdiri dari berbagai jenis ikan ekonomis, seperti tuna, tongkol, cakalang, hingga cumi-cumi. Berdasarkan angka itu, 80 persen di antaranya dihasilkan di TPI Pondokdadap Sendangbiru. (Adi).

 

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here