Sekolah PRT Diresmikan ILO
Sekolah PRT Diresmikan ILO

MALANGTODAY.NET –  Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO yang berada di bawah naungan PBB, Selasa (04/10) pagi ini hadir di Kota Malang untuk melaunching Sekolah Pekerja Rumah Tangga (PRT).

Bertempat di Sanggar Kegiatan Bersama Kota Malang, kegiatan yang turut dihadiri Deputi Direktur ILO Indonesia, Michiko Miyamoto ini ditargetkan mampu meningkatkan kompetensi pekerjaan bagi setiap pekerja rumah tangga.

Kepala Penasehat Teknis Proyek Promote ILO Jakarta, Arum Ratnawati menyebutkan, project promote ini menjadi salah satu langkah dari ILO untuk meningkatkan kelayakan kerja bagi setiap pekerja rumah tangga.

“Kebutuhan tenaga para PRT sangat besar, tapi mereka cenderung kurang dihargai karena dianggap tidak memiliki keterampilan yang cakap,” tambahnya.

Perempuan berhijab ini menyebutkan, dengan adanya sekolah yang memberi pengajaran terhadap para pekerja rumah tangga ini, pengakuan terhadap PRT akan tumbuh. Terutama untuk meningkatkan kompetensi masing-masing pekerja rumah tangga.

Baca Juga: Atlet PON Peraih Medali Akan Diberi Penghargaan Oleh Pemkot Batu

“Goalnya diharapkan ada penghapusan PRT, dan keterampilan mereka akan diakui sebagai pekerjaan yang profesional,” tambah Arum.

Nantinya, lanjut Arum, setiap PRT akan mendapat sertifikasi yang menunjukkan profesionalisme mereka. Harapannya, pendapatan dari PRT akan semakin meningkat dan mereka akan lebih dihargai lagi.

Sejauh ini, berdasarkan data yang dimiliki ILO, jumlah PRT di Indonesia mencapai 2,6 juta jiwa. Sementara kesetaraan dan keselamatan kerja mereka tidak sesuai dengan standart pekerja ptofesional. Rata-rata pendapatan mereka di bawah pendapatan pekerja pada umumnya. (pit/ind).

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda