MALANGTODAY.NET – Indonesia memiliki beragam produk UKM yang sangat layak untuk bersaing dalam pasar global. Tapi sayangnya, masyarakat Indonesia sendiri masih kurang terbuka dengan keberadaan produk lokal. Mindset mereka cenderung pada produk impor sembagi produk kebanggaan.

General Manager Corporate Secretary and General Affairs PT Sarinah, Magry N. Warganegara menyebutkan, mindset masyarakat, terutama anak muda terkait produk lokal harus diubah. Tapi semua juga harus disertai dengan peningkatan dari setiap produk lokal dengan nilai yang lebih tinggi.

“Nilai produk UKM khususnya harus ditingkatkan, dengan packaging yang tak kalah dengan produk impor, dari situ, kita ajak anak muda untuk lebih cinta dan bangga dengan produk lokal,” katanya pada Malangtoday.net.

Perempuan ramah ini menambahkan, perubahan itu saat ini lebih diupayakan oleh Sarinah, sebagai department store yang berada di bawah naungan negara. Sehingga, berbagai produk milik UKM di seluruh Indonesia terus digarap untuk dipasarkan dalam kancah nasional maupun internasional.

“Sebagaimana misi Bung Karno, maka nilai dari produk UKM terus kami tingkatkan,” urai Magry.

Menurutnya, perubahan baru yang diusung Sarinah saat ini diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas anak muda. Dengan harapan, Sarinah akan memberi inspirasi bagi mereka dalam menciptakan hal baru.

“Setiap lapisan coba kami tarik, terutama anak mudanya dengan imajinasi dan kreatifitasnya yang luas,” pungkasnya.