Harga Cabe Rawit Kian Pedas
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Sejumlah kebutuhan pokok minggu ini kompak mengalami kenaikan. Mulai dari cabai rawit, cabai merah, bawang merah, sampai bawang putih, masing-masing mengalami kenaikan cukup signifikan. Tak tanggung-tanggung, harga cabai rawit di Pasar Besar Malang per kilogramnya dibandrol Rp 50 ribu.

Salah satu pedagang Pasar Besar, Arifin mengatakan, kenaikan disebabkan oleh musim penghujan. Sehingga, tidak sedikit petani yang mengalami gagal panen. Sementara kebutuhan pasar terus mengalami peningkatan.

“Kenaikan memang terus melonjak, terutama satu minggu terakhir ini,” katanya pada Malangtoday.net beberapa menit lalu.

Dia menyebutkan, cabai merah saat ini dibandrol Rp 50 ribu per kilogran, dari yang semula Rp 30 ribu sampai dengan Rp 40 ribu. Kenaikan juga terjadi pada cabai merah yang sebelumnya dibandrol Rp 50 ribu, kini dijual Rp 58 ribu. Begitu juga dengan bawang merah dan bawang putih, yang sekarang masing-masing dibandrol Rp 40 ribu dan Rp 32 ribu.

Baca Juga : Kota Malang Krisis Cagar Budaya, DPRD Rencanakan Pembentukan Payung Hukum 

Dengan kenaikan tersebut, lanjutnya, pembeli cenderung mengurangi jumlah belanjanya. Dari yang biasanya membeli satu kilogram, menjadi hanya beli seperempat. Dari yang seperempat, hanya belanja satu ons saja.

“Daya belinya turun, mungkin harus dibagi-bagi uang belanjanya. Karena semua pada naik,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang penjual sayur Pasar Besar, Sigit Kurniawan menambahkan, sejunlah sayur juga mengalami pelonjakan. Diantaranya Bunga Kol dan Sawi Hijau, yang masing-masing dibandrol Rp 18 ribu dan Rp 12 ribh, dari yang mulanya berkisar Rp 15 ribu dan Rp 7 ribu. Tapi meskipun naik, permintaan masih tetap stabiil.

“Untuk pembeli masih normal, karena sepertinya memang menyesuaikan dengan kebutuhan,” pungkasnya.

Berikan tanggapan Anda