Malangtoday.net – Ditemui Malangtoday.net di kediamannya kawasan Perumahan Permata Jingga, pria yang ramah senyum itu menegaskan jika pada tahun 2020 hingga tahun 2045 mendatang Indonesia akan mengalami apa yang disebut sebagai bonus demografi, dimana jumlah pekerja pada usia muda mencapai titik tertinggi sehingga dibutuhkan peran pemerintah dalam mengatasi hal itu. ”

Jika pemuda tidak sadar dengan hal itu, maka bonus demografi ini akan menjadi bencana demografi,” kata Ridwan Hisjam.

Ia menambahkan, bonus demografi akan berubah menjadi bencana demografi jika keterlibatan pemerintah dan masyarakat kurang dalam hal ini, sehingga turut serta pemuda dalam politik sangat diharapkan. Agar tidak rancu mengenai politik, Ridwan menegaskan ada dua hal dalam dunia politik yakni suprastruktur politik dan infrastruktur politik, sehingga politik tidak saja identik dengan partai politik dan politisi semata, namun berperan aktif dalam pembangunan salah bemtuk peduli politik.
“Perlu ada penyadaran politik bagi anak muda, dalam bentuk talkshow atau diskusi agar mereka tidak apolitis dan ikut serta dalam kancah perpolitikan nasional, minimal  mereka peduli dengan politik,” ujarnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda