Jual telur

MALANGTODAY.NET –  Ribuan keris dari berbagai era, hari ini, Rabu (28/09) dipamerkan oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pemerintah Kota Batu. Pameran yang digelar di Balai Desa Punten ini  merupakan pameran yang merupakan rangkaian kegiatan Gebyar Suro Agung (Mapak Suro). Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Dikatakan oleh Mariaji, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Batu, pameran keris ini adalah agenda rutin setahun sekali  Dinas Pariwisata Kota Batu, dan tahun ini dikatakannya, sekaligus untuk menyongsong ulang tahun Kota Batu.

“Nanti gantian, setelah di Desa Punten akan pindah ke desa lain. Tidak hanya pameran keris di acara Mapak Suro juga menampilkan  budaya-budaya yang ada di Kota Batu, “jelasnya kepada Malangtoday.net beberapa menit lalu.

Selanjutnya, Mariaji mengemukakan, peserta berasal dari empat paguyuban dengan jumlah keris kurang lebih 2.000. Pameran ini dikatakannya, bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa Kota Batu masih mempunyai pusaka peninggalan kebudayaan Jawa yang bisa dilihatkan kepada masyarakat.

“Dinas pariwisata melalui bidang budaya ini, tujuannya untuk melestarikan baik keris maupun pusaka lainnya.  Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat biar tidak ketinggalan dan tidak di tinggalkan.  Kalau budaya tidak kita pelihara maka generasi, anak cucu kita tidak tahu kalau keris, reog dan  bantengan itu ada,” pungkasnya. (sol/ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda