MALANGTODAY.NET  – Pemerintah Provinsi Jawa Timur, tahun ini memasuki usianya yang ke 71 tahun. Sejarah dimulainya roda pemerintahan Provinsi Jawa Timur diawali dengan pemerintahan Gubernur pertama yaitu Raden Mas Tumenggung Suryo, pada  12 Oktober 1945 atau dua bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan RI. Paparan tersebut disampaikan Bupati Malang, Rendra Kresna dalam peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Mengutip pernyataan Gubernur Jawa Timur, Soekawo, Bung Rendra menyampaikan, Dalam memajukan kesejahteraan dan keadilan pada masyarakat tentunya memerlukan kebersamaan dengan seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, baik melalui DPR, TNI, Polri dan lainnya.

Kabupaten Malang yang mencitrakan dirinya sebagai Jawa Timur sesungguhnya memiliki peranan yang sangat penting dalam memajukan Provinsi Jawa Timur. Dengan total luas 47.922 kilo meter persegi, Provinsi Jawa Timur adalah Provinsi yang memiliki banyak sekali potensi alam, baik untuk pariwisata, industri maupun pertanian.

Dalam momentum ini tanggal 12 Oktober dinyatkan sebagai hari lahirnya Pemerintahan di Jawa Timur sesuai peraturan pemerintah No. 06 tahun 2007. Bertambahnya usia tentunya mengingatkan kita akan tujuan pemerintahan Jawa Timur yang harus semakin sejahtera dan berkeadilan, Ungkap Bung Rendra.

Dikutip dari lama Humas Pemerintah Kabupaten Malang, akan ada banyak sekali gelaran yang dan diadakan dalam rangka ulang tahun Provinsi yang memiliki 29 Kabupaten 9 Kota.

Peringatan Hari Jadi ke-71 Provinsi Jatim dimulai sejak tanggal 27 September  hingga pertengahan bulan Nopember 2016 dengan agenda antara lain launcing Hari Jadi ke 71 Provinsi Jawa Timur dilanjutkan senam bersama dan pertandingan persahabatan bola voli bersama antara tim bola voli gubernur, tim bola voli  Bakorwil , tim bola voli Bank Jatim, tim bola voli Bank UMKM, Cangkrukan di JTV, dialog interaktiv Ajang Wadul di TVRI Jawa Timur.

Acara lainnya yang tidak kalah menariknya adalah Jatim Fair yang diadakan di Grand City Surabaya mulai tanggal 5 sampai dengan 16 Oktober 2016, Festival seni nusantara, bhakti sosial,  lomba, Lomba Cipta Menu Kreasi. (ind)

Berikan tanggapan Anda