MALANGTODAY.NET – Berbagai masalah yang sedang melanda bangsa ini menarik perhatian dan keprihatianan tersendiri bagi Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna.

Dikutip dari pidato saat menjadi pembina upacara di peringatan Hari Kesaktian Pancasila di pendopo Kapubaten,  Rendra mengungkapkan pentingnya bangsa ini kembali menghayati dan mengamalkan sebaik-baiknya kelima dasar negara dengan menyeluruh.

Dengan pengamalan yang utuh, pria yang akrab dipanggil Bung Rendra ini mengungkapkan bahwa segala penyakit yang ada dalam kebangsaan kita bisa diobati.

“Ribuan pulau, bahasa, suku bangsa yang ada di kepulauan Nusantara ini hanya bisa terikat kuat dengan Pancasila,” ujar Rendra di hadapan peserta upacara.

Keragaman agama dan budaya yang ada di Indonesia bukanlah alasan untuk kita tercerai berai. Sebaliknya keanekaragaman itu haruslah menjadi modal bagi pembangunan bangsa ini.

Mengingat pentingnya fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara kita, Rendra kembali mengingatkan bahwa Pancasila adalah falsafah dan ideologi permanen yang menuntun kehidupan bernegara kita. Bung Rendra juga mengingatkan bahwa kegiatan peringatan kesaktian Pancasila tidak boleh hanya berhenti pada seremonial upacara belaka.

“Hari Kesaktian pancasila adalah fakta sejarah perjalanan bangsa ini, maka harus betul betul dihayati dalam keseharian”, ungkapnya.

Rendra menambahkan, sebagai sendi-sendi yang bisa memperkokoh semua aspek dalam pembangunan sosial hingga ekonomi, Pancasila harus tetap menjadi semangat kerja bangsa Indonesia, sesuai dengan tema upacara kesaktian Pancasila kali ini, yaitu kerja nyata untuk kemajuan bangsa sebagai wujud pengamalan Pancasila. (rif/ind)

 

 

 

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda