Bupati-Inspektur-Upacara-Hari-Pramuka

MALANGTODAY.NET- Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna hadir sebagai inspektur upacara peringatan Peringatan Hari Pramuka ke-55 tahun 2016 di Kabupaten Malang, di halaman parkir Stadion Kanjuruhan Kepanjen.

Kurang lebih tiga ribu anggota pramuka dari jenjang SD hingga SMA se-Kabupaten Malang ikut dalam upacara peringatan. Dalam sambutannya, ia menyebut, perkembangan budaya asing yang menyerang begitu deras dan kuat menjadi sebuah ancaman serius bangsa Indonesia. Dicontohkannya, seperti peredaran minuman keras, narkotika dan pergaulan bebas.

‘’Karenanya, pada peringatan Hari Pramuka ke-55 ini, mari kita bersama mendorong pembentukan karakter generasi muda dengan cara anak muda. Upaya pembentukan karakter bagi generasi muda sekarang tidak bisa dengan cara lama seperti dulu,” terangnya.

Ia menegaskan, pendekatan yang sesuai dengan kondisi sekarang selayaknya didasari adanya perubahan zaman dengan segala macam perniknya. Bung Rendra, sapaan akrab Bupati Malang, menyebut, jika tema Peringatan Hari Pramuka ke-55 tahun 2016 yakni “Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira dan Asyik”. Harapannya, generasi muda semakin memiliki karakter sesuai local wisdom-nya masing-masing.

‘’Mari kita juga tetap menjaga dan melestarikan budaya lokal. Kita semua harus bangga dengan budaya sendiri. Jangan sampai malah luntur karena masuknya budaya asing,” pesan Bung Rendra.

Pada kegiatan ini, Bupati Malang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kabupaten Malang ini melakukan penyematan penghargaan kepada para pembina pramuka terbaik Kabupaten Malang dari Pramuka Nasional.

Penghargaan ini diberikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhayaksa Dault. Selain itu, kegiatan dilanjut dengan berbagai lomba dari perwakilan sekolah, antara lain senam, tari pramuka dan merakit tongkat. (rif/ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda