MALANGTODAY.NET –  Setelah sehari diresmikan, oleh Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna Lapangan tembak “Pancanaka” Lanud Abd Saleh sudah langsung mulai digunakan. Sebanyak 120 Resimen Mahasiswa dari seluruh Indonesia melakukan pelatihan menggunakan pistol jenis Glock 19. Praktek menembak sasaran dilakukan dengan bimbingan dan pengawasan langsung dari Kasisen (Senjata) Mayor Tek Irvan dan personil yang terkait.

“Kami ke Lanud Abd Saleh dalam rangka Khursus pelatihan nasional A-29 yang telah berlangsung dari tanggal 19-28 September 2016 di Arhanud Karang Ploso malang dan sebagai pengenalan menembak yang benar kami diberi kesempatan oleh lanud Abd Saleh,” ujar Rendy Wibisono, Komandan Latihan kepada Malang Today, pada Selasa, (27/09).

Rendy menambahkan, Menwa sebagai bagian dari kekuatan sipil, juga merasa perlu belajar menembak, sebagai bagian dari materi bela negara. Hal ini dimaksudkan sebagai persiapan mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Sebelum melakukan latihan menembak, para Mahasiswa yang terdiri dari beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia tersebut terlebih dahulu berkunjung ke Museum Dirgantara “A. Sulaksono” Lanud Abd yang diterima langsung oleh Mayor Tek Nurhariri, S.Pd. sekaligus menjelaskan tentang sejarah Lanud Abd Saleh. Selanjutnya para Menwa diperkenalkan pesawat-pesawat militer yang dimiliki Lanud Abd Saleh dengan berkunjung ke Skadron Udara 32, Skadron  4, Skatek 022, Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh dan terakhir ke lapangan tembak Pancanaka Lanud Abd Saleh.

“Dalam pelatihan yang diikuti 65 putra dan 34 putri, kami yang juga salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer, jadi perlu juga belajar menembak”, kata Koordinator Menwa Anisa  penanggung jawab latihan.

Dijelaskannya Koordinator Menwa, bahwa tujuan dari kunjungan ini adalah dalam rangka Kursus Pelatih Nasional angkatan XXIX Menwa Indonesia.   Selain sebagai sarana pengenalan wawasan kedirgantaraan kepada calon-calon pelatih Resimen Mahasiswa se-Indonesia juga untuk melihat langsung kondisi dan keberadaan Lanud Abd Saleh Malang. Harapannya kelak para Menwa mampu menjadi pelatih berkualitas dan mampu menumbuhkan sikap kebangsaan yang merupakan bagian Wawasan Nusantara.

Koordinator Menwa menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan dan sambutan yang begitu hangat dari pihak Lanud Abd Saleh kepada para Menwa, sehingga membuat para Menwa merasa nyaman dan akrab dengan para Perwira dan anggota yang berada di Lanud Abd Saleh, terlebih lagi para Menwa telah diperkenankan untuk belajar menembak dan ini merupakan pengalaman yang berharga dan dapat menambah wawasan ilmu menembak bagi menwa Maha Surya. (rif)

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here