Konsepsi kepahlawanan
Konsepsi kepahlawanan

MALANGTODAY.NET – Konsepsi  kepahlawanan sebagai sosok yang diidolakan mampu mengatasi semua permasalahan sudah saatnya diubah. Harus ada re-intrpretasi  terhadap  kata pahlawan, sesuai dengan zaman yang terus berubah.

Hal itu diungkapkan Prof. Hariyono ketika menjawab kerisauan akan tergerusnya nilai-nilai kepahlawanan di  kalangan generasi muda, yang dipaparkan Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E., M.M.,  dalam simposium yang diadakan Lanud Abd Saleh dengan topik “Konsepsi Kepahlawanan ditinjau dari Sudut Pandang TNI dan Pemuda”.

“Dalam kondisi yang demikian, kepahlawanan diharapkan tidak hanya menghasilkan kekaguman dari generasi muda. Kekaguman harus diikuti oleh sikap meniru jejak langkah dan semangatnya. Dan bagi generasi muda, ruang berjuang untuk menjadi pahlawan harus disesuaikan dengan zaman yang berubah,” ujar Hariyono.

Selanjutnya ia memaparkan, tantangan dan permasalahan berbangsa saat ini tentu berbeda dengan era pahlawan kemerdekaan maupun revolusi. Akan tetapi panggilan berjuang bagi generasi muda harus tetap ada sesuai konteks dan strategi yang ada.

Dengan pemahaman seperti itu, perspektif dan konsepsi tentang pahlawan adalah orang yang telah gugur dalam pertempuran harus ditinjau ulang. Jadi tidak harus menunggu dia menjadi mati.
“Budaya kita sering  menampilkan tokoh yang paling fenomenal dalam akhir cerita akan dimatikan dalam akhir cerita ini. Mungkin untuk lebih menonjolkan sisi dramatik dan heroik. Akan tetapi jika ini terbangun menjadi sebuah pola pikir, ataupun paradigma, tentu akan menjadi salah,” ungkap wakil Rektor UM yang dikenal juga sebagai sejarahwan ini.

Apalagi selama ini yang terjadi pada pemberian gelar Pahlawan Nasional biasanya akan diberikan kepada sosok tokoh yang sudah meninggal. Pemahaman bagi kata pahlawan harus diubah menjadi orang yang paling berprestasi dan mambawa kebaikan. Tidak peduli sosok tersebut masih hidup ataupun sudah meninggal. Sebab yang terpenting bagi gelar kepahlawanan adalah harapan bagi generasi selanjutnya untuk bisa mewarisi semangatnya. (rif/ind)

Berikan tanggapan Anda