Prajurit Yonzipur 5/ABW Tuntaskan Misi PBB di Afrika Tengah
Kedatangan para prajurit penjaga perdamaian PBB disambut hangat keluarga (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Sebanyak 147 prajurit TNI AD dari Batalyon Zeni Tempur 5/Arati Bhaya Wighina ( Yonzipur 5/ABW ), yang bergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XXXVII-D/Minusca Car TA.2017, akhirnya kembali ke Tanah Air.

Mereka telah sukses menjalankan misi menjadi pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afrika Tengah. Selama setahun mereka bertugas di Benua Hitam tersebut.

Baca Juga: 5 Ramalan Nostradamus Paling Mengerikan di Tahun 2018

Mereka tiba di Jakarta, dan langsung melanjutkan perjalanan menggunakan kereta api dari Bogor. Seluruh prajurit itu tiba di Stasiun KA Kepanjen pukul 08.45 WIB, Selasa (4/9).

Perjalanan dilanjutkan ke Pendopo Agung Kabupaten Malang di Jalan Panji, Kepanjen. Setelah itu, para prajurit berjalan kaki sekitar setengah kilometer menuju markas Yonzipur 5/ABW untuk mengikuti upacara penyambutan.

Baca Juga: Simpati Kickfest XII Hadir di Malang, Mau Tiket Gratis?

Usai upacara, kedatangan para prajurit itu disambut senyum bahagia bercampur haru dari istri dan anak, serta keluarga mereka. Selama setahun, seluruh prajurit itu bertugas dan harus rela terpisah dari keluarga di Tanah Air.

“Saya tahu kalian kangen dan ingin segera bertemu dengan anak-istri. Saya melihat semangat kalian sangat menggebu ketika berjalan,” ucap Komandan Yonzipur 5/ABW, Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, Selasa (4/9).

Baca Juga: Ukir Sejarah! Shindy Patricia, Wanita Indonesia Pertama Finish UTMB Ternyata Arek Malang

Selama bertugas di Afrika Tengah, pasukan penjaga perdamaian itu tidak hanya dari Indonesia. Ada beberapa negara dari Asia yang tergabung dalam misi itu.

Selain menjadi bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB, misi utama para prajurit di Afrika Tengah itu difokuskan pada bidang pembangunan. Selain itu juga ada misi memperkenalkan budaya Indonesia.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Swara Mardika

Loading...