MALANGTODAY.NET – Kapolres Kota Batu AKBP Leonardus Simarmata menegaskan akan menerjunkan pasukan pengaman yang berbeda pada setiap tahap Pilkada Kota Batu. Tak kurang dari 1.400 anggota dari Polres Batu, Polres Malang, Polres Malang Kota, Brimob, Polda Jatim akan  mengamankan pada saat pemungutan suara.

“Pada saat pemungutan suara akan kami siagakan Satu anggota Polri dan dua linmas di setiap TPS. Sedangkan SOP pengamanan saat penetapan paslon tetap seperti sebelumnya,” jelas Kapolres, Senin (10/10).

Namun dikatakannya, Kalau ada kegiatan yang krusial SOP akan dijalankan. Setiap pasukan yang diterjunkan sesuai dengan tahapan dalam Pilkada. Paling banyak pada saat pemungutan suara, pengerahan pasukan tersebut mulai dari minggu tenang, serpas, pungut suara, evaluasi kotak suara, dan perhitungan.

“Setiap paslon menerjunkan tim pengamanan yang terdiri dari empat pasukan. Dua yang melakukan patroli pengawalan dan dua lainnya melekat dengan paslon,” kata Leonardus.

Pada saat pemungutan nanti, Paslon akan dijaga selama 24 jam. Petugas akan bergantian. Di kemukakan Kapolres, Paslon perempuan nanti yang menjaga adalah anggota perempuan sedangkan Paslon laki-laki yang menjaga juga anggota laki-laki.

“Ketua KPU dan Panwas perempuan maka yang mengawal juga dari Polwan. Sedangkan, Pengawalan akan kami laksanakan pada saat pencalonan. Kalau sampai ada kericuhan prosedur hukum akan kami jalankan,” tegas Kapolres.(frk)

Berikan tanggapan Anda