Persiapkan Warga Tanggap Bencana, BPBD Lakukan Pelatihan Relawan Destana

MALANGTODAY.NET – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana, BPBD Kabupaten Malang mengadakan Pelatihan Relawan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Kabupaten Malang Tahun 2016 bertempat di Balai Desa Tamansari Kecamatan Ampelgading, Jumat (14/10).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Drs. Ek. HAFI LUTFI, MM. Narasumber dan pemateri pelatihan sebanyak 5 orang meliputi dari BPBD Kabupaten Malang sebanyak 3 orang dan PMI Kabupaten Malang 2 orang dengan materi Desa Tangguh Bencana.

Pada sesi pertama diawali Perkenalan Tahapan Kegiatan Pelatihan Relawan oleh Aprillijanto, SE, MM. Selaku Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten  Malang. Pada sesi kedua membahas tentang Prinsip dasar Penanggulangan Bencana dan Konsepsi Bencana yang disampaikan langsung oleh Joni Samsul Hadi, ST, M.Si selaku Kepala Bidang  Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Malang.

Kemudian dilanjut oleh Plh. Kasi Pencegahan BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan, S.Sos untuk Sistem Penanggulangan Bencana di Indonesia (DESTANA).

Materi kegiatan meliputi, misi, tujuan, peran dan prinsip nilai-nilai relawan penanggualangan bencana  di Indonesia yang disajikan oleh Aprillijanto, SE, MM. Kaji Cepat, PPGD, Konsepsi dasar SAR Evakuasi dan Dasar-dasar Bertahan Hidup oleh Yusak Krismanto dari PMI Kabupaten Malang.

Baca Juga : Lanud Abd Saleh Gelar Sosialisasi Persiapan Masa Pensiun Bersama ASABRI

Untuk melengkapi materi Penanggulangan Bencana, juga diberikan materi tentang Hunian, Dapur Umum, Tanggap Darurat dan Logistik yang disampaikan oleh Amirul Yasin dari PMI Kab. Malang.

Dapur umum menjadi materi yang sangat penting, karena dalam keadaan bencana orang biasanya lebih fokus pada penyelamatan jiwa, sehingga kadang lupa setelah berhasil dievakuasi para korban juga butuh nutrisi, ujar Yasin pada paparannya.

Pembentukan Desa Tangguh Bencana DESTANA, bertujuan meningkatkan peran serat masyarakat, khusunya kelompok rentan dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan BPBD Kabupaten Malang. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda