MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Hari ini (30/9/16) telah berlangsung kegiatan kerja Pansus Tatib DPD RI dalam rangka FGD dengan tema Penguatan DPD dan arah pengaturan tata tertib DPD sesuai dengan amanat UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Universitas Brawijaya tersebut bertujuan untuk menggali pendapat para akademisi dalam meningkatkan peran DPD sebagai perwakilan rakyat di daerahnya masing-masing.

Wakil Ketua Komite III DPD RI Senator DKI Jakarta, Fahira Idris, S.E., M.H mengatakan, permasalahan yang dimiliki masing-masing daerah sangat kompleks. Untuk itu, perlu adanya lembaga untuk mewakili sebuah daerah dalam menjaring dan menyalurkan setiap aspirasi yang dimiliki. Sementara sejauh ini, peran DPD masih belum banyak dikenal oleh masyarakat.

“Dengan diskusi ini, peran DPD diharapkan dapat memperoleh angin segar untuk penyempurnaan tatib melalui pandangan para akademisi,” katanya.

Dia memaparkan, sejauh ini kebebasan berpendapat semakin luas. Sehingga DPD perlu menjadi simpul dalam menyampaikan aspirasi masyarakat di daerah yang diwakilinya. Selain itu,optimalisasi DPR dalam memperjuangkan hak masyarakat akan semakin diperkuat. Sebab, DPD berperan sebagai pengamat dan penyeimbang bagi DPR.

Namun memurutnya, kinerja DPD dan DPR dalam kenyataannya masih belum optimal. Berbagai rapat koordinasi cenderung dilakukan sendiri-sendiri, bukan dalam ranah atau tempat yang sama. Sehingga tidak jarang menumbuhkan sebuah pendapat yang tidak sama.

“Harapannya DPD dan DPR bisa lebih kompak, sehingga aspirasi masyarakat bisa lebih terjawab dan tersalurkan,” tambah perembuan berhijab ini. (pit)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda