HUT TNI ke-71

MALANGTODAY.NET –  Diiringi musik yang rancak, sekitar 100 penari yang terdiri para prajurit dan wara bermain apik di Lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh, pada Rabu (05/10). Tampilan sendratari itu disajikan dalam rangka peringatan HUT TNI ke-71.

Sendratari yang ditampilkan menceritakan mengenai penerbangan pesawat pertama di Malang Raya, yaitu jenis Pesawat Cukiu 003 dan Cukiu 004 pada 17 Oktober 1945.
“Waktu itu, Pesawat Cukiu diterbangkan oleh PNB Atmo dan montirnya, Amat mengudara mengelilingi Kota Malang selama 15 menit,” ujar  Kapentak, Mayor (Sus) Hamdi Londong Allo kepada Malangtoday.net saat ditemui usai acara.
Adegan penerbangan Cukiu 003 dan 004 ini tidak menggunakan pesawat sesungguhnya. Melainkan, mengganti dengan mainan.
Lebih lanjut, Mayor (Sus) Hamdi Londong menjelaska bahwa, pertunjukan semacam ini baru digelar pertama kali di Lanud Abdulrachman Saleh.  Dengan harapan generasi muda bisa mewarisi semangat yang ada dalam peristiwa heroik tersebut.

“Dalam peristiwa bersejarah waktu itu pesawat berhasil mendarat  yang kemudian disambut antusias oleh Syam Residen Malang, Mayor Jenderal Imam Sudjai. Keberhasilan itu kemudian disiarkan melalui RRI di Malang. Kemudian kami mengemasnya dalam sosiodram ini,” ujarnya.

Masyarkat Malang yang mengetahui melalui siaran RRI merasa bergembira, dan memberikan dukungan moril yang luar biasa kepada para pejuang. Hal itu yang ingin ditonjolkan pada pertunjukan berdurasi 20 menit itu. Sesuai dengan tema  Peringatan HUT TNI ke-71 tahun ini yaitu, ‘Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, dan Professional. Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian. (rif/ind)

 

Berikan tanggapan Anda