Rektor UB Resmikan Laboratorium Terpadu FISIP UB
Rektor UB resmikan Laboratorium Terpadu FISIP (Endra)

MALANGTODAY.NET – Memperingati Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-54, Universitas Brawijaya meresmikan laboratorium terpadu dalam hal pengelolaan data.

Peresmian laboratorium terpadu FISIP merupakan salah satu kontribusi akademisi civitas Universitas Brawijaya dalam mengawal jalannya keterbukaan data di Indonesia.

“Data merupakan hal penting terutama dalam bidang sosial.” ujar Rektor Prof. Dr. Ir. M. Bisri, MS dalam acara di Auditorium Nuswantara, Fisip, Rabu (18/01).

Ia melanjutkan, mengapresiasi dengan harapan lab terpadu ini mampu memadukan berbagai macam jurusan yang manfaatnya lebih maksimal untuk meninggkatkan kompetensi mahasiswa.

“Saya apresiasi dengan lab terpadu ini dan saya harap lab terpadu mampu memadukan ilmu di berbagai jurusan untuk meninggkatkan kompetensi mahasiswa kita”, tutur rektor UB ini.

Ketua tim pengembangan laboratorium terpadu FISIP UB, Cleoputri Al Yusainy, Ph. D. mengatakan fokus dari lab ini adalah big data and best practice. Dimana data-data yang disajikan berupa  hasil penelitian dan isu-isu berkaitan bangsa Indonesia dan luar negeri secara real time.

“Segala data sumber infomasi yang ada baik hasil penelitian dan real time, isu-isu yang terjadi menyangkut perkembanga bangsa ini maupun di luar negeri bisa di chapter melalui laboratorium ini secara real time”, ungkap Cleoputri.

Ia menambahkan, ada enam unit komputer di lab ini yang mana sejalan dengan jumlah program studi di FISIP UB. Sehingga setiap program studi akan menggunakan satu komputer yang nantinya akan dihubungkan dengan ruang kelas, sehingga mahasiswa tidak perlu datang ke lab untuk melakukan analisis data.

“Komputernya ada enam sejalan dengan jumlah program studi. Jadi masing-masing program studi menggunakan satu komputer yang nantinya akan dihubungan dengan ruang kelas, sehingga mahasiswa tidak perlu datang ke sini untuk melakukan analisis data”, tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.