Ini Dia Penyebab Jalan Ambles dan Berlubang di Jalan Bondowoso

MALANGTODAY.NET – Penyebab utama amblesnya aspal di Jalan Terusan Bondowoso kemarin siang terkuak sudah. Setelah dilakukan pengecekan, tanah yang ambles disinyalir karena adanya penggerusan tanah. Sehingga, tindakan cepat pun segera dilakukan pagi ini, dengan menggali setiap sisi jalan menggunakan alat berat. Selama beberapa minggu ke depan, jalan pun akan dinormalisasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Malang, Jarot Edy Sulistyo mengatakan, mengatakan, selama beberapa minggu ke depan, jalan akan ditutup sementara untuk proses perbaikan. Sementara untuk mengawalinya, pihaknya akan menggali area jalan untuk mengetahui lebih banyak lagi penyebab dan kemungkinan lainnya.

“Mungkin akan berjalan selama tiga mingguan,” katanya pada Media beberapa menit lalu.

Tak hanya itu, ia juga menyebutkan, di bawah drainase baru yang mengalami kebocoran, ternyata terdapat drainase lain yang usianya lebih tua. Sampai sekarang, drainase tua tersebut masih difungsikan, dan menghubungkan beberapa titik.

Berdasarkan catatan sejarah, lanjutnya, drainase tua tersebut melewati SMK Muhammadiyah, Gading Pesantren, dan tembus di Pulosari. Sampai sekarang, air pun masih mengalir dari drainase tersebut.

“Ini merupakan peristiwa insidentil, jadi akan menggunakan anggaran PU maksimal Rp 200 juta,” jelasnya.

Dengan adanya peristiwa tersebut, ia menyarankan agar setiap rumah memiliki sumur resapan. Selain itu, jangan ada pembuntuan terhadap drainase untuk digunakan yang tidak semestinya.

“Membuat sumur resapan itu kan juga sangat mudah,” tutupnya.

Loading...