Pengelolaan SMA/SMK Diusulkan kembali ke Daerah, Ini Kata Mendikbud!
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy saat berada di UMM

MALANGTODAY.NET – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud ), Muhadjir Effendy menanggapi adanya usulan pengembalian pengelolaan SMA/SMK dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) ke daerah.

“Masih wacana. Itu kan permintaan dari Walikota – Bupati kemarin ke Pak Presiden (Jokowi),” kata Muhadjir saat ditemui di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (1/7).

Baca Juga: 9 Potret Keseruan Presiden Jokowi Bermain Bersama Sang Cucu

Disinggung alasan Walikota dan Bupati yang mengusulkan itu, Mendikbud mengaku kurang mengetahui secara detail karena tidak hadir dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Negara beberapa waktu lalu.

“Jadi saya nggak tau, kita lihat perkembangan. Nanti pasti akan dibicarakan, kita pelajari kasusnya kan (wacana) baru aja ini,” tuturnya.

Namun untuk merealisasikan wacana ini, lanjut Muhadjir, harus terlebih dahulu merubah UU 23 Tahun 2014 yang mengatur kebijakan pengelolaan SMA/SMK saat ini. Selain itu, bisa juga dengan Inpres, Perpres maupun Peraturan Pemerintah (PP).

Baca Juga: Catat! Ada di Jarak Terdekat Dengan Bumi, Mars Akan Terlihat di Langit

“Karena (kebijakan) itu dalam Undang – Undang. Bisa juga nanti dalam bentuk tugas pembantuan dan bisa skemanya tugas pembantuan tetapi tetap menjadi tanggung jawab dari pemprov. Tapi pelaksanaannya di daerah masing masing,” tandasnya.


Reporter: Rahmat Mashudi Prayoga
Editor: Swara Mardika

Loading...