Wisuda Ditunda, Puluhan Mahasiswa UIN Malang Demo
Puluhan mahasiswa UIN Maliki Malang menggelar aksi demo di di Depan Gedung Rektorat @MalangTODAY/Yoga

MALANGTODAY.NET –  Merasa dirugikan dengan penundaan penyelenggaraan wisuda, puluhan mahasiswa UIN Maliki Malang menggelar aksi demo.

Pantauan MalangTODAY.net, sekitar pukul 10.00 WIB mereka menyuarakan aspirasinya di Depan Gedung Rektorat dengan penjagaan security.

Koordinator Aksi, Muhammad Lutfi mengungkapkan jika para calon wisudawan-wisudawati itu kecewa atas penundaan wisuda yang dilakukan oleh pihak kampus.

“Seharusnya wisuda tersebut dilaksanakan tanggal 20 Mei, tetapi kemarin kami menerima surat edaran dari Rektor bahwa wisuda ditunda ke bulan Juni. Kami merasa ini tindakan sewenang-wenang, karena alasannya hanya karena ada undangan Rektor dari Islamic Development Bank (IDB),” katanya beberapa saat lalu.

Menurutnya, penundaan tersebut dirasa sangat merugikan para mahasiswa yang akan menyonsong masa depan mereka. Diantaranya memperlambat mereka untuk melanjutkan studi pascasarjana, mempersulit mencari kerja.

“Dengan penundaan ini, otomatis kita tidak mendapatkan ijazah. Hal ini menghambat teman-teman yang akan melanjutkan kuliah dan mencari kerja,” ujar Mahasiswa Fakultas Ekonomi itu.

Selain itu, para orang tua wisudawan juga merasa dirugikan. Hal itu karena sebagian dari mereka sudah memesan tiket pesawat, kapal, kereta dan lain sebagainya untuk datang ke Malang.

“Banyak orang tua kita yang dari luar pulau sudah memesan tiket ditanggal itu, tapi harus membatalkan. Mereka kan sudah mengeluarkan uang,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, para demonstran tetap bertahan di depan gedung rektorat dengan melakukan istighotsah. Sedangkan Rektor UIN, Mujia Rahardjo sedang tidak berada ditempat.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here