Universitas Brawijaya @zedtravellerone

MALANGTODAY.NET – Saat ini, Universitas Brawijaya (UB) sudah memanfaatkan perkembangan teknologi dengan memiliki Multimedia Auto Recording smart Hybrid Learning (MASH) Classrom pada lima kelas yang berada di Fakultas Ilmu Komputernya.

Dengan metode ini, para mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan materi maupun konten pembelajaran dari pengajarnya. Mereka tinggal memanfaatkan berbagai jenis gadget yang dimiliki seperti laptop, tablet, maupun handphone.

Rektor UB, Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS menjelaskan bahwa kelas tersebut terealisasi berkat kerjasamanya dengan ZTE. Sehingga, menjadikan UB sebagai kampus pertama yang menggunakan smart classroom di Indonesia.

“Kelas ini sudah digunakan sejak pertengahan April 2017 lalu. Hal ini merupakan penerapan solusi ZTE secara komprehensif, dan juga yang pertama di Asia Tenggara. Sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, ungkap M Bisri, Senin (07/05).

Ia berharap, teknologi tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas mahasiswanya dalam belajar. Karena hal ini sudah memungkinkan untuk beroperasi dan menangkap semua aktivitas secara mandiri tanpa operator dan staf teknis.

“Setelah melalui beberapa evaluasi, kami melihat ZTE Smart Classroom solution dapat menjawab kebutuhan kami untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif, efisien dan menyenangkan untuk menghasilkan alumni yang memiliki kompetensi unggul di bidang masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, kgiatan mengajar juga akan lebih optimal dengan menggunakan sistem kelas pararel. Dimana para dosen dapat mengajar di beberapa kelas dalam waktu yang bersamaan dalam sebuah konsep live virtual teaching.

Teknologi ini juga dilengkapi oleh Artificial Intelligent (AI), dimana pada saat secara otomatis bisa melakukan proses editing, rendering, dan menciptakan konten pembelajaran dalam bentuk video. Hal ini akan mempermudah para dosen pengajar untuk dapat merekam proses belajar mengajar mereka.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here