Mahasiswa UMM Bantu Warga Desa Sukodadi Bersihkan Pura Patirtan
KKN 88 UMM bersihkan Pura Patirtan di Desa Sukodadi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Sabtu (28/7), mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM melangsungkan kegiatan pembenahan Pura Patirtan yang terletak di Dusun Jengglong, Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Pembenahan dilakukan sejak pagi hari, dimulai dari membersihkan seluruh area pura, pemagaran area sumber mata air serta penanaman bunga di area taman pura tersebut.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja unggulan KKN 88 UUM di Desa Sukodadi. Pura Patirtan merupakan salah satu pura yang cukup besar dan dijadikan wisata rohani didaerah desa sukodadi sejak tahun 1994.

Baca Juga: Berdampingan Namun Terabaikan, Fauna di Negeri Fana

Pura Patirtan  memang sudah banyak di datangi oleh wisatawan umat Hindu dari berbagai daerah, salah satunya Bali.

Upacara hari besar pun sering diadakan di pura tersebut. Namun sangat disayangkan keberadaan pura ini belum cukup banyak diketahui. Hanya segelintir umat Hindu saja yang mendatangi untuk beribadah sekaligus berwisata.

Hal ini lah yang menjadi alasan utama mahasiswa KKN 88 UMM untuk membenahi dan memperindah Pura Patirtan , agar menjadi lebih banyak dikunjungi serta bisa menjadi tujuan wisata yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian di Desa Sukodadi.

Baca Juga: Mobil Terperosok Jurang, Kawasan Payung Kembali Menelan Korban

Mahasiswa UMM Bantu Warga Desa Sukodadi Bersihkan Pura Patirtan
Suasana saat pembersihan dan pembenahan (Istimewa)

Dengan cara memberi arah jalan menuju masuk pura dan memasang banner didepan gerbang, menjadi salah satu cara agar pura lebih diketahui masyarakat.

Pelaksanaan ini juga di dukung penuh oleh Kepala Desa setempat. Juru kunci Pura, Pak Erwa’i juga mengapresiasi dan merasa senang atas pemebenahan yang telah dilakukan.

“Saya sangat senang sekali, Pura Patirtan  diperhatikan dan dilestarikan seperti ini. Saya berharap tidak hanya saat KKN saja namun juga setelahnya masih terus berlanjut,” ujarnya.

Baca Juga  KKN 88 UMM Ajarkan Peduli Lingkungan Melalui 'Bungkus'

Baca Juga: Sarjana UM Viral Karena Namanya yang Unik Bikin Geleng-Geleng Kepala

Kegiatan ini tidak hanya salah satu program kerja bagi mahasiswa KKN UMM, namun harapan besarnya adalah Pura Patirtan  tidak hanya menjadi wisata rohani bagi umat hindu, tetapi juga umat agama lain.

Kegiatan ini juga salah satu tindak kepedulian mahasiswa UMM terhadap kerukunan dan persatuan keragaman umat yang ada di Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Mahasiswa UMM Bantu Warga Desa Sukodadi Bersihkan Pura Patirtan
Foto bersama usai melakukan pembenahan (Istimewa)

Penulis: Tim KKN 88 UMM
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...