UM dan UB Umumkan Jurusan Favorit di SNMPTN 2019, Pilihanmu?
Ilustrasi Universitas Negeri Malang @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Pasca pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNPTN) 2019, sejumlah universitas gencar mulai mengumumkan jumlah peminatnya. Tak terkecuali untuk dua kampus unggulan Kota Malang, Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB).

Dari UM, jurusan Manajemen menempati urutan pertama dalam daftar pilihan jurusan peserta SNMPTN 2019. Hal ini sebagaimana diinformasikan oleh Humas UM.

“Itu sebenarnya sudah lama trennya, sejak tahun lalu Manajemen memang menjadi dambaan,” ujar Humas UM, Aminarti Sri Wahyuni, saat ditemui di sela-sela acara One Asia Lecture Series, Selasa (26/2/2019).

Dia menambahkan bahwa sesuai daftar rekap, peminat jurusan Manajemen berjumlah 1638. Pihaknya menegaskan jurusan ini banyak diminati karena tidak lepas dari prestasi yang ditorehnya. “Akreditasinya, kan, A, jadi banyak yang minat,” ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa daya tampung UM cenderung stabil. “Yang masuk kemarin ada 1000 lebih. Padahal daya tampungnya hanya 20 persen,” jelasnya.

Dua jurusan lain di UM yang ramai peminat adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Akuntansi.

Sementara bagi UB, jurusan Agroekoteknologi masih menjadi yang paling favorit sejak 10 tahun terakhir.

“Sejak 10 tahun terakhir, banyak mahasiswa yang minat di jurusan itu, utamanya yang dari luar Malang,” ujar Humas UB, Kotok Gurito saat dihubungi melalui sambungan gawai.

Dia menambahkan siswa yang minat di jurusan tersebut akan meningkat pada SBMPTN nanti. “Paling tidak biasanya tetap di 10 besar,” jelasnya.

Kotok, panggilan akrabnya, menjelaskan memang prospek jurusan ini cukup bagus. Para lulusannya banyak masuk di perusahaan industri dan lainnya. “Misalnya perbankan, sehingga cakupannya pun luas,” jelasnya lebih lanjut.

Tahun ini ada 1830 pendaftar yang minat di jurusan ini. Padahal daya tampungnya hanya 234. Selain jurusan Agroekoteknologi, jurusan Pendidikan Dokter dan Manajemen juga menempati tiga teratas. (BAS/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.