Tingkatkan Pengelolaan Sumber Daya Air, FT UB Gelar Seminar
Pemaparan Materi Seminar Internasional (sem)

MALANGTODAY.NET – Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT UB) gelar International Conference of Water Resources Development and Enveriromental Protection (ICWRDEP). Isu yang akan dikaji dalam kegiatan tersebut adalah mengenai pengembangan sumber daya air dan perlindungan lingkungan.

Tujuan digelarnya kegiatan tersebut menurut Dr. Dian Sisinggih, ST., MT., Ph.D, Ketua Pelaksana merupakan suatu wadah diskusi ilmiah bagi masyarakat serta mahasiswa baik program doktor maupun magister akan pengembangan dan pengelolahaan sumber daya air yang benar dan tepat guna.

“Kegiatan ini berupaya untuk menghadirkan perkembangan teknologi serta metode terbaru dalam hal pengelolaan sumber daya air, apalagi semakin meningkatnya degradasi lahan dan menurunnya daya dukung lingkungan saat ini,” kata Dian Sisinggih.

Dengan dilaksanakan kegiatan tersebut, Sisinggih berharap mahasiswa dapat mengambil bagian dalam proses pengembangan pengelolaan sumber daya alam, baik secara terapan ataupun dalam bentuk nyata lainnya.

“Sungai berantas itu semakin dangkal karena banyak timbunan sampah di sana, masyarakat khususnya mahasiswa dapat mengambil bagian untuk membersihkan sungai-sungai yang tercemar oleh sampah,” ucapnya.

“Ini bagian dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat,” pungkasnya lagi.

Senada dengan itu, Ketua Jurusan Teknik Pengairan FT UB Ir. Moh. Solihin, MT. PhD, mengungkapkan bahwa masalah pengembangan sumber daya air dan perlindungan lingkungan tidak hanya dirasakan oleh Indonesia, tetapi juga oleh dunia.

“Masalah sumber daya air juga dialami oleh masyarakat dunia, hanya saja pengelolaan air di beberapa negara seperti Malaysia dan Jepang lebih maju dibandingkan dengan Indonesia,” kata Solichin.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Kajur FT UB berharap dapat menjadi peluang bagi masyarakat Indonesia khususnya UB dalam mempelajari lebih tentang pengelolaan sumber daya air.

“Diharapkan akan lahir joint riset dengan universitas di Malaysia, Thailand, Jepang dan Australia agar dapat memberi manfaat bagi kehidupan pengembangan sumber daya air,” terangya lagi

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 14 September dan 15 September ini, menghadirkan 4 pembicara dari beberapa negara, yakni Prof. Masahiko perwakilan Yamaguchi University Japan, Dr. Foo Men Yuen perwakilan University Sains Malaysia, Jantima Teeka, PhD perwakilan Rajamangala University Thailand serta Jhon L. Zhou perwakilan University of Technology Sidney Australia. (Sem/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.