Disdik Kabupaten Malang Sempat digeledah KPK, ini Komentar Kadisdik
Drs. M. Hidayat, MM. MPd. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang @Fajar/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Peran pendidikan sangatlah vital untuk kemajuan suatu Negara. Pendidikan yang baik tentunya akan bermanfaat pada kemajuan iptek disuatu wilayah. Seperti di Kabupaten Malang, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang nampaknya tengah gencar dalam usaha peningkatan kualitas pendidikannya.

Hal tersebut ditandai dengan berbagai usaha pemerintah kota Malang dalam menghadapi era industri 4.0. Pada bidang pendidikan mulai nampak banyak terobosan yang dilakukan.

Baca Juga: Si Cantik Hamil Kabupaten Malang Sabet Top 25 Kovablik 2018

Dinas pendidikan kabupaten Malang telah menyiapkan beberapa perubahan di bidang sistem pendidikan, entah dari peningkatan kwalitas tenaga pendidik, peserta didik maupun sistem pembelajaran yang akan di fokuskan pada sistem elektronik.

Kepada MALANGTODAY.net Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Drs. M. Hidayat, MM. MPd menjelaskan program dinas pendidikan kabupaten Malang yang akan segera direalisasikan, diantaranya adalah e-presensi untuk tenaga pendidik, aplikasi pembelajaran untuk peserta didik, dan rapor elektronik.

“Kalau dalam 4 hari berturut-turut atau tidak berturut-turut dalam waktu 1 bulan (red.guru) tidak melakukan e-presensi baik melalui faceprint atau barcode itu akan sendirinya tidak akan mendapatkan sertifikasi di bulan itu,” jelas Hidayat tentang sistem e-presensi (22/10/’18).

Untuk meningkatkan kualitas dan etos kerja tenaga pendidik, diadakan sebuah program pelatihan. Pelatihan ini berupa peklatihan membuat media pembelajaran online yang nantinya akan diintegrasikan kedalam suatu aplikasi.

“Kita juga menyiapkan itu ada aplikasi namanya Sinau Malang kab, dirintis mulai tahun ini nanti akan terus berkembang, istilahnya tempat bimbingan belajar online yang sengaja kita persembahkan untuk kabupaten Malang,” Jabarnya lebih lanjut.

Sementara aplikasi ini sudah bisa diunduh di Google play store dengan ‘Sinau Malang Kab’. Namun selama masa soft opening ini, masih sebatas untuk tingkat SMP sederajat. Aplikasi ini menyediakan materi belajar, serta beberapa bank soal.

“Yang tersedia masih terbatas tingkat SMP itu pun masih hasil pelajaran bahasa Inggris dan matematika semua akan lengkap nanti ke depan kita mencoba mengembangkan akan lokernya loker yang besar tapi loker tersebut harus diisi oleh guru melalui MGMP di tingkat SMP sedangkan KKG di tingkat SD,” imbuhnya.

Selain itu sistem pelaporan manajemen mulai dari dana bos, ptk, kenaikan pangkat dan lain-lain, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang kedepannya juga akan menerapkan e-rapor.
Sehingga prestasi peserta didik dari akademis dan non akademis dapat langsung termonitor oleh Dapodik.

Baca Juga: Karya Siswa SMP Islam Sabilillah Malang Bikin Profesor Asal Taiwan Terkesan

Target pelaksanaan sistem elektronik ini direncanakan Dinas pendidikan kabupaten Malang akan start dilaksanakan serentak mulai 1 Januari 2019 mendatang.

“Jadi tidak main-main lagi dalam upaya tadi itu,” pungkasnya.


Reporter : Andika Fajar Kurniawan
Editor : Kistin Septiyani

Loading...