Tingkatkan Kualitas Akademisi, Ratusan Mahasiswa IBU Malang Mendapat Beasiswa
Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang penerima beasiswa tahun ajaran 2018-19 @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Ratusan mahasiswa IKIP Budi Utomo (IBU) Malang mendapat beasiswa tahun ajaran 2018/2019. Beasiswa tersebut diserahkan langsung Rektor IBU Malang, Nurcholis Sunuyeko di Ruang Sidang, Kampus C, Jl Citandui 46, Kota Malang, Jatim, Sabtu (5/1/2019).

Dalam penyerahan beasiswa tersebut, tercatat sejumlah 267 mahasiswa mendapatkan bantuan pendidikan tersebut. Acara penyerahan ini pun turut dihadiri pula oleh para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Jurisan (Kajur) serta Kepala Pusat, Biro dan Bagian IKIP Budi Utomo Malang.

Baca Juga  SK Pjs Rektor Unikama Dirobek, Yayasan Lapor L2DIKTI

Menurut Nurcholis, jenis beasiswa yang mereka terima beragam. Ada beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bidikmisi dan beasiswa Indonesia Cerdas BRI. Para mahasiswa penerima beasiswa itu pun berasal dari berbagai jurusan atau program studi dan merupakan mahasiswa angkatan 2016 hingga 2018.

“Alhamdulillah, beasiswa itu sangat membantu para mahasiswa yang menerimanya. Kita berharap, secara kuantitas bisa terus meningkat tiap tahunnya,” jelasnya pada Sabtu, (5/1/2019).

Untuk itu, dia mengingatkan agar mahasiswa penerima beasiswa tersebut bisa meningkatkan prestasinya. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat membantu mahasiswa lainnya.

“Membantu mahasiswa lainnya itu tidak harus berupa uang. Namun, bisa berbagi dalam bentuk pengetahuan dan skil. Jadi jangan egois. Hanya memikirkan diri sendiri,” imbaunya.

Baca Juga  Tingkatkan Efisiensi Kerja Petani Tambak, Dosen TI UM Kembangkan Feeder Ship
Berapa Beasiswa yang Diterima Mahasiswa IBU?

Sementara itu, Wakil Rektor 3 IBU, Ali Badar mengatakan bila ratusan mahasiswa itu menerima beasiswa dari tiga jenis. Rinciannya, penerimaan Beasiswa Bidikmisi sebanyak 96 mahasiswa, beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) 111 orang. Sedangkan beasiswa Indonesia Cerdas BRI sebanyak 60 mahasiswa.

“Secara nominal, ya lumayan besar beasiswa yang diterima mahasiswa itu. Tapi masing-masing jenis beasiswa besarannya tidak sama,” katanya.

Menurutnya, untuk beasiswa dari Indonesia Cerdas BRI sebesar Rp 5 juta per mahasiswa selama setahun. Sedangkan dari PPA sebesar Rp 4.800.000 per tahun dan dari Bidikmisi sebesar Rp 6.300.000 per tahun. Sedangkan khusus Bidik Misi, kata dia, rinciannya Rp 2.400.000 untuk biaya pendidikan dan 3.900.000 untuk biaya hidup.

Baca Juga  Pendidikan Semakin Maju, Para Dosen Diberi Tablet

Meski begitu dia mengingatkan jika beasiswa Bidik Misi itu bisa dicabut apabila penerimanya terlibat konflik atau kasus pidana. Selain itu jika IPK-nya kurang dari 3,25. “Secara garis besar seperti itu ketentuannya,” paparnya.

Dengan adanya siswa ini diharapkan mampu meringankan beban khususnya dalam hal ekonomi mahasiswa dan diharapkan ratusan mahasiswa penerima beasiswa tersebut dapat menjadi mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.


Reporter: Andika Fajar Kurniawan
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.