Fisip Ub
suasana kegiatan debat PKKMB FISIP Ub @sem

MALANGTODAY.NET – Dalam upaya meningkatkan kepekaan mahasiswa baru (maba) terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya Malang menggelar simulasi debat dan aksi kepada maba FISIP angkatan 2017.

Kegiatan bagian dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FISIP tersebut diikuti oleh kurang lebih 711 mahasiswa baru yang terbagi dalam lima jurusan yakni Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Sosiologi, Program studi Hubungan Internasional serta Psikologi.

Ketua Pelaksana PKKMB FISIP, Adi Putra Maulana saat ditemui oleh MalangTODAY menyampaikan bahwa tujuan dilakukan simulasi tersebut adalah untuk melatih mahasiswa baru dalam menanggapi isu-isu yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

“Hari kedua ini kami mencoba melakukan simulasi debat dan aksi. Sebenarnya yang ingin kami tanamkan kepada mahasiswa FISIP adalah cara mereka dalam menanggapi isu yang sedang berkembang dalam masyarakat,” ujar pria yang akrab disapa Adi, Senin (21/8).

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan ini juga menambahkan bahwa dalam simulasi tersebut mahasiswa dibagi ke dalam dua kelompok yakni kelompok pro dan kelompok yang kontra.

“Nanti ada kelompok yang pro dan ada kelompok yang kontra. Untuk tema yang dipermasalahkan adalah mengenai isu bonus demografi,” tuturnya.

Dalam tema besar yang diberikan tersebut, lanjutnya mahasiswa akan diminta untuk mengkajinya dalam berbagai macam perspektif, mulai dari perspektif hukum hingga perspektif kependudukan.

“Ada 6 sudut pandang yang kita berikan, yakni hukum, ekonomi, pengusaha, pariwisata alam, lingkungan dan kependudukan,” tuturnya lagi

Untuk tiga sudut pandang pertama yakni hukum, ekonomi dan pengusa akan menjadi kelompok yang pro terhadap isu yang diberikan, sedangkan tiga isu lainnya masuk dalam kategori kelompok yang kontra.(sem/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.