Sarasehan Kebangsaan Pra Tanwir di UMM Kamis (Nabiel)

MALANGTODAY.NET – Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Nazzarudin Malik mengungkapkan peran penting yang diberikan Muhammadiyah pada era globalisasi ini. Hal ini disampaikannya dalam acara Sarasehan Kebangsaan Pra Tanwir di UMM pada Kamis (7/2/2019).

Nazzarudin menyatakan bahwa saat ini masyarakat mulai peka dan tertarik dengan isu-isu politik dan ekonomi. Namun menurutnya, tak semua orang dapat menalaah hal tersebut dengan cermat.

“Misalnya orang bisa mengatakan utang luar negeri sebagai sebuah persoalan pada satu generasi pemerintahan. Bagi yang tidak paham (ekonomi) tentu kita harus berbicara pada struktur anggaran. Dalam praksis anggaran tentu ada perbandingan antara pendapatan, belanja dan pembiayaan lainnya,” ucap Nazzarudin.

Lebih lanjut, ia menyatakan inilah yang menjadi peran penting dari warga Muhammadiyah selaku gerakan sosial di Indonesia. Muhammadiyah memiliki lembaga pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan perguruan tinggi yang tersebar di seluruh penjuru bangsa. Menurutnya dengan begitu, generasi baru dalam perjalanan bangsa akan terbentuk.

Nazzarudin juga menambahkan bahwa Universitas Muhammadiyah dalam perjalannya melakukan kapitalisasi yang dinamis. Disebut dinamis karena pihaknya melakukan ekspansi diluar bidang pendidikan.

“Kita melihat perguruan tinggi muhammadiyah sudah mulai melakukan kapitalisasi yang tentu saja masih debatable dan sangat dinamis. Kapitalisasi yang dilakukan berupa ekspansi di luar hal-hal yang ada kaitannya langsung di luar pendidikan, ketika ditakar ulang kembali  maka bentuk kapitalisasi tersebut banyak manfaatnya pada bidang pendidikan, terutama bila disinergikan pada pembelajaran,” papar Nazzarudin. (NAB/KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.